SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Materi Atletik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Kelas XI SMA

Khoirul Anam

Abstrak


ABSTRAK

 

Anam, Khoirul. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Materi Atletik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Kelas XI SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd. (II) Febrita Paulina. H, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, multimedia interaktif, atletik

 

Atletik termasuk salah satu cabang olahraga yang terdiri dari nomor lari/jalan, lompat, dan lempar. Atletik merupakan salah satu materi yang dipelajari pada siswa SMA (Sekolah Menengah Atas) kelas XI. Berdasarkan analisis kebutuhan (need assessment) yang dilakukan pada tanggal 3-8 Februari 2014 melalui observasi dan penyebaran angket terhadap 30 siswa kelas XI dan 9 guru yang tersebar di SMA Yayasan Pandaan, SMK PGRI Pandaan, dan SMA Ma’arif NU Pandaan terungkap bahwa kemudahan penjelasan guru dalam materi atletik diperoleh hasil 16,67% menjawab mudah, 33,33% menjawab sulit, dan 50% menjawab sangat sulit. Selain itu hambatan guru dalam pembelajaran atletik diperoleh hasil 55,56% menjawab pemahaman materi, 88,89% menjawab mengembangkan media pembelajaran, dan 11,11% menjawab pengembangan permainan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran pendidikan jasmani pada materi atletik berbasis multimedia interaktif untuk kelas XI SMA sehingga pembelajaran lebih menarik dan materi lebih mudah dipahami.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), langkah-langkah tersebut adalah: (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk, (6) uji coba kelompok besar, (7) revisi produk berdasarkan uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase.

Produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran yang dibuat dari aplikasi Auto play Media Studio 8.1 yang mempunyai kelebihan yaitu produk dapat langsung dibuka tanpa menginstal aplikasi Auto play. Pada produk yang dihasilkan terdapat penjelasan mengenai materi jalan cepat, lari jarak dekat, lari jarak menengah, lari jarak jauh, lari gawang, lari halang rintang, lompat tinggi, lompat jauh, lompat jangkit, lempar lembing, dan tolak peluru yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SMA.

Produk pengembangan ini melalui beberapa tahap yaitu justifikasi ahli dan uji coba kelompok. Dari beberapa tahap tersebut, media pembelajaran pendidikan jasmani pada materi atletik berbasis multimedia interaktif dapat disimpulkan bahwa diperoleh hasil 89,91% dari ahli pembelajaran atletik, diperoleh hasil 82,69% dari ahli media, diperoleh hasil 84,75% dari uji coba kelompok kecil, dan diperoleh hasil 85,81% dari uji coba kelompok besar sehingga produk pengembangan layak untuk digunakan. Hasil pengembangan ini hanya sampai tersusun sebuah produk, belum sampai pada tingkat efektifitas produk yang dikembangkan jadi sebaiknya dilanjutkan pada penelitian mengenai efektifitas produk yang dikembangkan.