SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pola Latihan Transisi Bertahan ke Menyerang Pada Permainan Futsal Menggunakan Pola 4-0 Bagi Atlet Senior BHS Malang

Papink Eka Rulyarni

Abstrak


ABSTRAK

 

Rulyarni, Papink Eka. 2014. Pengembangan Pola Latihan Transisi Bertahan ke Menyerang Pada Permainan Futsal Menggunakan Pola 4-0 Bagi Atlet Senior BHS Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mu’arifin, M.Pd., (II) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, pola latihan, transisi bertahan ke menyerang, futsal, pola 4-0

 

Futsal merupakan permainan bola sepak yang dimainkan oleh 5 orang dengan lapangan yang lebih sempit dari lapangan sepakbola. Permainan futsal merupakan permainan yang sangat cepat dan dinamis. Dalam permainan futsal terdapat suatu pola transisi permainan, salah satunya transisi bertahan ke menyerang. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan pada tanggal 26 Januari 2014 dengan observasi melalui wawancara dan penyebaran angket kepada 20 atlet senior dan 1 orang pelatih diperoleh data sebagai berikut: 1) karakter tim senior BHS Malang merupakan tim bertahan dengan pola 4-0, 2) atlet sulit melakukan transisi bertahan ke menyerang, 3) kesulitan menempatkan posisi saat melakukan transisi, 4) kurang dukungan dari teman saat seorang atlet menguasai bola, 5) sebagian besar atlet merupakan seorang pelajar sehingga jadwal latihan tidak jarang terbentur dengan jadwal sekolah sehingga atlet kurang disiplin saat mengikuti latihan, 6) pemberian materi latihan transisi bertahan ke menyerang diberikan saat mendekati turnamen saja, 7) dengan frekuensi latihan yang kurang perlu adanya media yang dapat membantu atlet dalam berlatih pola latihan transisi bertahan ke menyerang. Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan, maka peneliti menyimpulkan bahwa tim mengalami masalah dalam pergerakan transisi bertahan ke menyerang. Dari permasalahan tersebut, maka disusunlah rancangan produk pengembangan pola latihan transisi bertahan ke menyerang pada permainan futsal menggunakan pola 4-0 bagi atlet senior BHS Malang.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan pola latihan transisi bertahan ke menyerang pada permainan futsal menggunakan pola 4-0 bagi atlet senior BHS Malang yang berguna untuk melakukan latihan secara mandiri di luar jadwal latihan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775) yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan keadaan di lapangan mengacu teori Ardhana, adapun langkah-langkah yang diambil sebagai berikut: (1) melakukan observasi melalui wawancara dan penyebaran angket kepada atlet dan pelatih, (2) kajian pustaka, (3) membuat rancangan produk, (4) evaluasi ahli, (5) revisi produk, (6) uji coba kelompok kecil, (7) revisi produk, (8) uji coba kelompok besar, (9) revisi produk akhir, (10) hasil akhir produk. Analisis data dilakukan secara deskriptif baik kualitatif maupun kuantitatif.

Hasil produk yang dikembangkan berupa 9 pola latihan transisi bertahan ke menyerang pada permainan futsal menggunakan pola 4-0 yang disajikan dalam media video. Sembilan pola latihan transisi bertahan ke menyerang terdiri dari: pemanasan dengan 2 bola (menggunakan tangan), pemanasan dengan 2 bola (menggunakan kaki), pemanasan statis, pergerakan formasi dasar 4-0, pola latihan transisi bertahan ke menyerang dari 4-0 menjadi 1-2-1, pola latihan transisi bertahan ke menyerang dari 4-0 menjadi 1-1-2, pola latihan transisi bertahan ke menyerang dari 4-0 menjadi 0-4, game situation, pendinginan.

Produk yang dikembangankan berdasarkan dari saran atau masukanpara ahli, yang terdiri dari 2 ahli kepelatihan futsal 88,5% dan ahli media 72,32%, serta uji coba kelompok kecil 82,79% dan uji coba kelompok besar 82,92%. Sehingga seluruh aspek dalam pengembangan pola latihan transisi bertahan ke menyerang pada permainan futsal menggunakan pola 4-0 ini telah memenuhi kriteria kualitas produk menurut Akbar dan Sriwiyana 75,01%-100% yang bermakna “Sangat Valid (dapat digunakan tanpa revisi)”.

Berdasarkan dari hasil evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil dan besar, maka produk akhir yang dikembangkan berupa 9 pola latihan transisi bertahan ke menyerang pada permainan futsal menggunakan pola 4-0 yang disajikan dalam media video. Hasil pengembangan ini hanya terbatas pada pengembangan produk, maka diharapkan ada peneliti selanjutnya yang dapat menguji tingkat keefektifan dari produk ini dengan uji coba dan ruang lingkup yang lebih luas.