SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Berbasis E-Learning dengan Menggunakan Tutorial Edmodo Pada Matakuliah Kajian Kurikulum Pendidikan Jasmani

Heris Mandana

Abstrak


ABSTRAK

 

Mandana, Heris. 2014. Pengembangan Pembelajaran Berbasis E-Learning dengan Menggunakan Tutorial Edmodo Pada Matakuliah Kajian Kurikulum Pendidikan Jasmani. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, E-Learning, Edmodo, Kajian Kurikulum Pendidikan Jasmani.

 

Edmodo merupakan sebuah situs pembelajaran berbasis e-learning yang didalamnya terdapat berbagai fasilitas pembelajaran berupa pemberian materi, kuis, pesan maupun penugasan. Berdasarkan hasil observasi melalui angket pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang yang sudah menempuh matakuliah kajian kurikulum, perlu adanya pengembangan pembelajaran berbasis e-learning pada matakuliah kajian kurikulum yang mendukung dan mempermudah mahasiswa untuk belajar, pengembangan pembelajaran berbasis e-learning yang ada harus sesuai dengan materi pokok yang akan dikaji dalam matakuliah kajian kurikulum pada S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan suatu produk yang berupa tutorial edmodo dan mengetahui kelayakan pengembangan pembelajaran berbasis e-learning bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Universitas Negeri Malang pada mata kuliah kajian kurikulum pendidikan jasmani, dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar serta prestasi belajar.

Penelitian mengacu pada model pengembangan Research and Development (R&D) dari Borg and Gall (1983:775) yaitu: (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testin, (5) main product revition, (6) main field testing, (7) operasional product revision, (8) operasional field testing, (9) final product revision,  (10) dissemination and implementation. Namun pengembang tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah saja. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket yang sudah divalidasi oleh dosen selanjutnya diberikan kepada ahli media, ahli pembelajaran, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif untuk meniliai kevalidan produk media yang dihasilkan dan data kualitatif yaitu hasil saran dan tanggapan dari para validator secara lisan atau tertulis oleh pengembang.

Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini diperoleh data hasil validasi ahli dan data hasil uji coba produk pengembangan pembelajaran berbasis e-learning. Data hasil validasi ahli media menyatakan bahwa produk tersebut sudah termasuk kriteria valid, sedangkan data hasil validasi ahli pembelajaran menyatakan bahwa produk tersebut juga termasuk kriteria valid, hasil validasi uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa media ini memperoleh presentase 87,8% dan hasil validasi uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa media ini memperoleh presentase 88,2%. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa media yang telah dikembangkan pada penelitian pengembangan ini dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk berupa tutorial edmodo ini layak digunakan dalam pembelajaran khususnya pada matakuliah kajian kurikulum dan disarankan dosen dalam penyebarluasan produk e-learning ini sebelumnya dievaluasi kembali dan disesuaikan dengan kondisi yang ingin dituju baik isi maupun tampilannya. Bagi pengembang selanjutnya dapat dikembangkan lebih lanjut serta dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas produk yang dikembangkan ini.