SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Gerak Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dengan Metode Bermain pada Siswa Kelas III SD Negeri 01 Tlogowaru Kota Malang

FIRDAUS AKBAR

Abstrak


ABSTRAK

 

Akbar, Firdaus. 2014. Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Gerak Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dengan Metode Bermain pada Siswa Kelas III SD Negeri 01 Tlogowaru Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd. (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran; Gerak Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif; Metode Bermain

 

Pembelajaran keterampilan gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif pada siswa sering mengalami kesulitan, hal ini disebabkan kebanyakan pembelajaran keterampilan gerak lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif yang diberikan guru pendidikan jasmani pada siswa menggunakan alat dan cara latihan yang digunakan dalam cabang olahraga sebenarnya.

Berdasarkan hasil observasi awal dari 31 siswa saat berlangsungnya pembelajaran pendidikan jasmani dengan materi lempar tangkap bola tercatat 16 siswa atau 51,6% siswa melakukan gerakan berputar, menekuk, jalan, lari, dan sebanyak 13 siswa atau 41,9% melakukan gerakan melempar bola, dan pada saat berlangsungnya pembelajaran tercatat 11 siswa laki-laki tidak mengikuti intruksi guru dan pergi ke bak pasir untuk lompat jauh, dan tujuh siswa perempuan hanya duduk dan makan dipinggir lapangan tidak mengikuti intruksi guru untuk melakukan gerakan lempar tangkap bola. Selain data tersebut, pada hasil observasi awal tercatat kelemahan guru yang diukur menggunakan Pedoman Praktek Lapangan Universitas Negeri Malang tahun 2013 yakni pada aspek melaksanakan kegiatan inti mendapat skor 13 atau 59% dan aspek menutup pelajaran yang mendapat skor 1 atau 16,6%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan metode bermain pada siswa kelas III SD Negeri 01 Tlogowaru Kota Malang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan subyek siswa kelas III SD Negeri 01 Tlogowaru Kota Malang. Penelitian ini memerlukan peran peneliti untuk bekerja sama dengan guru pendidikan jasmani untuk pemahaman tindakan, kesepakatan tentang permasalahan, pengambilan keputusan, dan menyusun konsep tindakan yang akan dilakukan. Penelitian dilaksanakan pada tahun 2014 di bulan Januari sampai Juni 2014. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penghitungan hasil. Analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.

Hasil penelitian siklus I dilakukan tiga kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan tercatat keaktifan psikomotor siswa pada pembelajaran gerak lokomotor sebanyak 100%, pada pembelajaran gerak nonlokomotor sebanyak 100% pada pembelajaran gerak manipulatif sebanyak 100%. Hasil rata-rata nilai kognitif kelas pada pertemuan pertama tercatat 80,6% jawaban benar dari siswa. Kemampuan mengajar guru pada pertemuan pertama tercatat 75% dari skor maksimal pada penilaian membuka pelajaran, 95,4% dari skor maksimal pada penilaian melaksanakan inti pembelajaran, 83,3 % dari skor maksimal pada penilaian melakukan penilaian dan refleksi dan 100% dari skor maksimal pada penilaian faktor penunjang.

Berdasarkan hasil dari pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan penerapan metode bermain pada pembelajaran gerak lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif pada siswa kelas III SD Negeri 01 Tlogowaru Kota Malang telah mencapai tujuan dan tidak perlu diadakan tindak lanjut pada siklus berikutnya.