SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modifikasi Alat Cakram Bahan Rotan Untuk Pembelajaran Lempar Cakram Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 4 Situbondo

Dofan Ahmad Muslim

Abstrak


ABSTRAK

 

Muslim, Dofan Ahmad. 2014. Pengembangan Modifikasi Alat Cakram Bahan Rotan Untuk Pembelajaran Lempar Cakram Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 4 Situbondo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Agus Tomi, M.Pd, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: Modifikasi, gerak dasar lempar cakram, cakram rotan

 

Berdasarkan observasi, wawancara dan pengisian angket kepada guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes) dan siswa yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 situbondo, pembelajaran lempar cakram yang dilaksanakan tidak berjalan secara optimal. Masalah yang terjadi diantaranya adalah minimnya sarana dan prasarana untuk pembelajaran lempar cakram. Selain itu cakram yang digunakan terlalu berat yaitu cakram standar. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut guna mencapai kegiatan pembelajaran yang maksimal sesuai dengan tujuan pendidikan.

Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk memberikan solusi untuk pembelajaran lempar cakram yang tidak optimal dengan mengembangkan alat modifikasi cakram berbahan rotan untuk pembelajaran lempar cakram. Cakram yang dikembangkan untuk memberi solusi pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung yakni menciptakan kenyamanan dan keamanan siswa dalam pembelajaran lempar cakram.

Dalam pengembangan alat modifikasi cakram berbahan rotan untuk pembelajaran lempar cakram pada siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Situbondo menggunakan model pengembangan Research and Development dari Borg and Gall (1989) yang telah dimodifikasi yaitu hanya mengambil 7 langkah dari 10 langkah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Penelitian pengembangan alat modifikasi cakram berbahan rotan dalam pembelajaran lempar cakram pada uji coba (kelompok kecil) memperoleh hasil 86,4% dan pada uji coba lapangan (kelompok besar) memperoleh hasil 93,6%. Dari hasil penelitian tersebut maka produk cakram menggunakan cakram berbahan rotan dinyatakan layak untuk digunakan.

Hasil akhir dari penelitian dan pengembangan ini adalah terciptanya alat modifikasi cakram berbahan rotan yang berguna untuk pembelajaran lempar cakram sehingga pembelajaran dapat berjalan secara optimal.