SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei tentang Perilaku Hidup Sehat Siswa di SDN Kemiri 2 Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto

Toto Anggoro Raharjo

Abstrak


ABSTRAK

 

Raharjo, Toto Anggoro. 2014. Survei tentang Perilaku Hidup Sehat Siswa di SDN Kemiri 2 Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (II) Febrita Paulina H., S.Pd., M.Pd

 

Kata kunci: Kesehatan, Perilaku Hidup Sehat, Siswa Sekolah Dasar

 

Pendidikan jasmani merupakan suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang dirancang dan disusun secara sistematik untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif dan serta kecerdasan emosi. Pendidikan jasmani diajarkan dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengan Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK), bahkan di perguruan tinggi. Sekolah merupakan sebuah lembaga, tempat anak didik memperoleh pendidikan dan pelajaran yang diberikan oleh guru. Sekolah mempersiapkan anak didik untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan, agar mampu dan mandiri dalam masyarakat. Melalui sekolah perilaku siswa dapat dibentuk dan diarahkan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji bagaimana perilaku hidup sehat siswa di SDN Kemiri II Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Sesuai dengan tujuan yang diharapkan maka rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas I, II, III, IV, V, dan VI Sekolah Dasar Negeri Kemiri II Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto yang berjumlah 100 siswa.

Data penelitian ini berupa angket berisikan jawaban dari pertanyaan yang telah diisi oleh siswa di SDN Kemiri II Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Tahap dalam penelitian ini adalah persiapan, yang meliputi studi pustaka, penentuan subjek, penyusunan instrumen penelitian, mengkonsultasikan instrumen penelitian, dan mengurus surat ijin penelitian. Tahap pelaksanaan, meliputi ijin ke kepala sekolah, menyebarkan angket, mengumpulkan angket, pengamatan, dan wawancara.

Hasil penelitian ini menyangkut variabel perilaku hidup sehat dengan indikator memelihara kebersihan dan kesehatan pribadi memperoleh persentase sebesar 64,22%, sehingga termasuk dalam kategori baik, indikator memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan memperoleh persentase sebesar 90%, sehingga termasuk dalam kategori cukup baik. Secara keseluruhan dari indikator tersebut maka jumlah rata-rata persentase variabel perilaku hidup sehat fisik memperoleh persentase sebesar 67,94%, sehingga dapat disimpulkan bahwa perilaku hidup sehat siswa SDN Kemiri II Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto termasuk dalam kategori cukup baik.