SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Passing Bolabasket Menggunakan Media Komik Pada Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Siswa Kelas VII Semester Genap Smpn 3 Malang

ARNET SUNDRIYANTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Sundriyanto, Arnet. 2014. Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Passing Bolabasket Menggunakan Media Komik Pada Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Siswa Kelas VII Semester Genap Smpn 3 Malang: (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes (II) Dr. Saichudin, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Teknik Dasar Passing Bolabasket, Siswa Kelas VII Semester Genap SMPN 3 Malang.

 

Pendidikan jasmani dan kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk manusia dalam mengolah jasmani dan rohaninya. Pada kenyataannya pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan merupakan proses pembelajaran yang mengembangkan kemampuan kognitif psikomotor dan afektif. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani, kesehatan, dan olahraga siswa dituntut untuk memiliki sikap aktif, kreatif dan inovatif. Sikap pasif siswa dalam proses pembelajaran selama ini dan sistem pembelajaran yang monoton telah berdampak pada hasil belajar dan prestasi belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan komik pembelajaran teknik dasar passing bolabasket pada pendidikan jasmani dan kesehatan siswa kelas VII SMPN 3 Malang. Dengan adanya komik pembelajaran ini, dapat mempermudah siswa untuk mengetahui macam teknik dasar passing bolabasket sekaligus mempraktikkan tekni dasar yang benar.

Peneliti menggunakan prosedur pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi model yang lebih sederhana yaitu: (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi dengan memberikan instrumen analisis kebutuhan kepada siswa kelas VII G SMPN 3 Malang, (2) Pembuatan rancangan produk awal komik pembelajaran teknik dasar passing bolabasket, (3) Evaluasi para ahli dengan kualifikasi yaitu, 1 orang ahli media, 1 orang ahli bolabasket, dan 1 orang ahli pembelajaran (4) Revisi produk pertama, (5) Uji coba kelompok kecil, (6) Revisi produk kedua, (7) Uji coba lapangan (kelompok besar) dengan mengujicobakan hasil revisi produk kedua, (8) Revisi produk akhir (apabila ada masukan atau saran dari dan uji coba lapangan), (9) Hasil akhir produk pengembangan.

Dari penelitian dan pengembangan serta prosedur yang dilakukan di atas, dihasilkan produk yaitu Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Passing Bolabasket Menggunakan Media Komik Pada Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Siswa Kelas VII Semester Genap SMPN 3 Malang.

Hasil persentase uji coba kelompok kecil adalah 79,82% dan hasil persentase uji coba kelompok besar adalah 93,57%. Hasil persentase tersebut menyatakan bahwa produk ini dapat digunakan untuk siswa kelas VII SMPN 3 Malang. Karena penelitian ini hanya terbatas pengembangan produk, diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan ini.