SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode Team Games Tournamen Terhadap Hasil Latihan Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Bagi Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMP 16 Kota Malang

Akbar Rohmad Aulia

Abstrak


ABSTRAK

 

Aulia, Akbar Rohmad. 2014. PengaruhMetodeTteamGames Tournament (TGT ) Terhadap Hasil Latihan Ketrampilan Passing Bawah Bolavoli Bagi Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMP 16 Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Asim. M.Pd. (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd

 

Kata Kunci: metode team games tournament, hasil latihan, ketrampilan passing bawah bolavoli

 

Passing bawah merupakan teknik dasar yang sering dilakukan dalam permainan bolavoli. Passing bawah diperlukan saat awal serangan dan bertahan. Sebagian besar anak-anak usia SMP takut untuk melakukan passing bawah karena cemas akan rasa sakit pada saat bola mengenai tangan mereka. Karena metode untuk latihan passing bawah bolavoli kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode TGT terhadap hasil latihan ketrampilan passing bawah bolavoli, (2) pengaruh metode konvensional terhadap hasil latihan ketrampilan passing bawah bolavoli, (3) mengetahui perbadingan antara posttest hasil latihan ketrampilan passing bawah bolavoli kelompok latihan metode TGT dan posttest hasil latihan ketrampilan passing bawah bolavoli kelompok latihan dengan menggunakan metode konvensional.

Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental design. Populasi penelitian adalah peserta ekstrakurikuler bolavoli SMPN 16 Kota Malang sebanyak 36 peserta. Sampel ditetapkan dengan mengambil semua peserta untuk sampel (sampel total), pengelommpokan untuk kelas yang diberi perlakukan dan kelompok control menggunakan teknik matching sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest posttes. Analisis data untuk melengkapi hipotesis digunakan uji Anava satu jalur yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat penelitian dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas data.

Hasil analisi sebagai berikut: (1) Latihan menggunakan metode TGT berpengaruh terhadap ketrampilan passing bawah bolavoli dengan rata-rata nilai untuk pretest 53,77 dan untuk posttest 65,55, (p=0,004).(2) Latihan menggunakan metode konvensional tidak berpengaruh terhadap ketrampilan passing bawah bolavoli dengan rata-rata nilai passing bawah bolavoli untuk pretest 53,33 dan untuk posttest 56,22, (p=0,459).(3) Latihan menggunakan metode TGT mempunyai pengaruh yang lebih baik terhadap ketrampilan passing bawah bolavoli dengan nilai rata-rata posttest kerampilan passing bawah 65,55 dibandingkan dengan latihan menggunakan metode pelatih (konvensional) dengan nilai rata-rata posttest kerampilan passing bawah 56,22 (p=0,026).

Kesimpulan dari penelitian adalah (1) metode TGT berpengaruh terhadap hasil latihan keterampilan passing bawah bolavoli (2) metode konvensional berpengaruh kecil atau dapat dikatakan tidak berpengaruh terhadap hasil latihan ketrampilan passing bawah bolavoli (3) metode TGT mempunyai pengaruh yang lebih baik terhadap hasil latihan ketrampilan passing bawah dari pada latihan dengan menggunakan metode konvensional.