SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Serangan Tungkai Menggunakan Media VCD Pada Atlet Gulat Pemula

Ruli Efan Perdana

Abstrak


ABSTRAK

 

Perdana, Ruli Efan. 2014. Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Serangan Tungkai Menggunakan Media VCD Pada Atlet Gulat Pemula. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mu’arifin, M.Pd (2) Fahrial Amiq, S.Or, M.Pd

 

Kata kunci: Pengembangan, Latihan, Teknik Dasar Serangan Tungkai, VCD

Berdasarkan penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) yang dilakukan oleh peneliti mendapatkan hasil dari 10 atlet pemula tingkat dasar yang menyatakan 80% materi latihan teknik dasar serangan tungkai kurang mudah dilakukan. Sementara itu 100% atlet menyatakan sangat membutuhkan media untuk latihan teknik dasar serangan tungkai menggunakan media yang mudah dimengerti, dan 100% atlet pemula menginginkan model latihan menggunakan VCD sebagai panduan dalam latihan teknik dasar serangan tungkai. Hal ini mendapat dukungan dari pelatih gulat yang menyatakan sangat perlu dikembangkan panduan materi latihan teknik dasar serangan tungkai.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model latihan teknik dasar serangan tungkai menggunakan VCD sebagai sebuah sumber belajar yang mudah dimengerti untuk proses latihan pada atlet pemula. Diharapkan pengembangan ini dapat membantu pelatih dalam proses latihan dengan cara yang lebih mudah dan lebih dimengerti.

Metode yang digunakan penelitian ini adalah pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi sederhana yaitu: (1) mengumpulkan informasi: (a) mengkaji bahan pustaka, (b) analisis kebutuhan; (2) mendesain produk; (3) validasi desain; (4) revisi I; (5) uji coba tahap I; (6) revisi II; (7) uji coba tahap II; (8) produk akhir. Jadi penelitian ini hanya sampai tahap pembuatan produk akhir tanpa uji kefektifan produk. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner.

Produk yang dihasilkan pada penelitian ini berupa model latihan teknik dasar serangan tungkai menggunakan VCD untuk atlet gulat pemula. Adapun terdapat 5 spesifikasi dalam pengembangan model latihan teknik dasar serangan tungkai pada atlet pemula, antara lain: (1) produk dibuat menggunakan VCD yang berisikan materi model latihan teknik dasar serangan tungkai, (2) VCD menggunakan sistematika berupa part and whole, (3)  VCD menggunakan media auto play, (4) VCD berisi tata cara melakukan latihan teknik dasar serangan tungkai yang didalamnya terdapat gerakan perbagian dan keseluruhan, dan gerakan slow motion, (5) Durasi VCD adalah 12 menit 18 detik

Berdasarkan hasil evaluasi ahli gulat diperoleh persentase 90,1%, ahli latihan diperoleh persentase 83,9%, ahli media  diperoleh persentase 78,9% . Dari hasil uji coba tahap I (8 atlet pemula) diperoleh persentase 87,5%. Dari uji coba tahap II (17 atlet pemula) diperoleh persentase dengan rata-rata 88,2%.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk model latihan teknik dasar serangan tungkai menggunakan VCD ini layak digunakan sebagai sumber belajar atlet gulat pemula. Sehingga dapat membantu proses latihan untuk meningkatkan latihan teknik dasar serangan tungkai.