SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Pencak Silat Panduan Latihan Materi Individu bagi Siswa Sabuk Hijau Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Malang

Yanuar Cahyo Rizkiyandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizkiyandi, Yanuar Cahyo. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Pencak Silat Panduan Latihan Materi Individu bagi Siswa Sabuk Hijau Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo, M.Pd, (2) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia interaktif, Pencak Silat, Persaudaraan Setia Hati Terate

Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) berbentuk organisasi pencak silat yang berlandaskan persaudaraan, didirikan pada tahun 1922 di Madiun, Jawa Timur. Terdapat empat tingkatan siswa yang harus ditempuh hingga menjadi anggota tetap PSHT, yaitu: polos, jambon, hijau, dan putih. Berdasarkan pengamatan, wawancara dan pengisian angket pada latihan siswa sabuk hijau PSHT komisariat Universitas Negeri Malang mengalami kesulitan dalam penguasaan dan pemahaman materi yang begitu banyak, sedangkan waktu yang tersedia dalam latihan terbatas, maka dari itu dibutuhkan solusi yang dapat mendukung dari proses latihan yang demikian. Berdasarkan analisis kebutuhan, peneliti memiliki alternatif yang berasumsi dapat membantu proses latihan tersebut dengan mengembangkan multimedia interaktif panduan pencak silat.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Multimedia Interaktif Pencak Silat Panduan Latihan Materi Individu Bagi Siswa Tingkat Sabuk Hijau PSHT Cabang Malang. Dengan adanya multimedia pencak silat bagi siswa tingkat sabuk hijau ini, diharapkan siswa dapat aktif dalam proses latihan serta dapat menguasai dan memahami materi pada tingkatannya dengan baik.

Metode yang digunakan penelitian ini adalah pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi lebih sederhana yaitu: (1) pengumpulan informasi,  (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi I, (5) uji coba tahap I, (6) revisi II dan uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dari hasil penyebaran kuesioner.

Produk pengembangan multimedia interaktif pencak silat yang dihasilkan, antara lain: (1) berisikan beberapa materi-materi tentang pencak silat, (3) terdapat video-video materi siswa sabuk hijau, (4) produk menggunakan program software komputer Adobe Flash Professional CS5, (5) produk dikemas menggunakan bentuk CD (Compact Disk). Berdasarkan tinjauan 1 (satu) ahli media diperoleh persentase 93,01%, sedangkan 2 (dua) ahli pencak silat diperoleh total persentase 80,3%. Dari hasil  uji coba tahap I (kelompok kecil) dengan jumlah 10 siswa tingkat sabuk hijau PSHT Cabang Malang diperoleh persentase dengan rata-rata 83,67%. Dari uji coba tahap II (kelompok besar) dengan jumlah 30 siswa tingkat sabuk hijau PSHT Cabang Malang diperoleh persentase dengan rata-rata 84,64%. Dari masing-masing total hasil persentase di atas masuk pada kategori baik.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif pencak silat ini layak digunakan sebagai sumber belajar, bagi pelatih maupun siswa tingkat sabuk hijau PSHT Cabang Malang.