SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UPAYA MENINGKATKAN KECEPATAN DALAM AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI MELALUI METODE BERMAINSISWA KELAS IV SDN SISIR IV KOTA BATU

Ahmad Adam Hidayafulloh

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayafulloh, Ahmad, Adam. Upaya Meningkatkan Kecepatan dalam Aktivitas Kebugaran Jasmani melalui Metode Bermain Siswa Kelas IV SDN Sisir IV Kota Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tatok Sugiarto, S. Pd., M. Pd., (II) dr. Agung Kurniawan, M. Kes.

 

Kata Kunci: meningkatkan kecepatan, kebugaran jasmani, dan metode bermain.

Kebugaran jasmani merupakan salah satu materi pelajaran Pendidikan Jasmani yang masuk dalam kompetensi dasar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Dasar. Pada pembelajaran kebugaran jasmani kelas IV semester 2 kompetensi dasar yang ingin dicapai yaitu pada unsur daya tahan, kekuatan dan kecepatan. Namun, pembelajaran kebugaran jasmani di kelas IV SDN Sisir IV Kota Batu belum mencapai kompetensi dasar sepenuhnya. Terbukti dari hasil penilaian kebugaran jasmani yang telah dilaksanakan yaitu 3 butir tes meliputi tes lari 600 meter, tes baring duduk 30 detik, dan tes lari cepat 40 meter, hanya pada penilaian unsur kecepatan siswa pada tes lari cepat 40 meter yang masih tergolong kurang dengan persentase sebesar 40.00 %. Dari hasil wawancara dan pengamatan pembelajaran sebelumnya, guru mengalami kesulitan dalam menerapkan metode pembelajaran yang tepat agar siswa lebih bersemangat mengikuti pembelajaran. Penerapan metode pembelajaran yang terlalu monoton, membuat siswa cepat merasa bosan dan kurang antusias mengikuti pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu diterapkan metode bermain dalam pembelajaran kebugaran jasmani yang menyenangkan sesuai dengan karakteristik siswa, agar siswa lebih bersemangat mengikuti pembelajaran serta tujuan kompetensi dasar kebugaran jasmani mampu terpenuhi dengan baik.

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk memperbaiki pembelajaran dalam upaya meningkatkan kecepatan berlari dalam aktivitas kebugaran jasmani melalui metode bermain agar pencapaian kompetensi dasar kebugaran jasmani kelas IV mampu tercapai dengan baik.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian dilaksanakan selama 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Penelitian ini menerapkan metode bermain yang kompetitif dan menyenangkan bagi siswa. Dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN Sisir IV Kota Batu dengan jumlah 22 orang siswa, yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 6 orang perempuan.

Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini dapat meningkatkan kecepatan siswa kelas IV. Pada siklus 1 persentase keberhasilan meningkat sebesar 18.18 % menjadi 58.18 % dikategorikan “cukup”. Dan pada siklus 2 persentase keberhasilan meningkat sebesar 35.40 % menjadi 75.40 % dikategorikan “baik”. Hasil pembelajaran dinyatakan tuntas karena telah melewati batas keberhasilan tindakan pada rentan persentase 61 % - 80 % yang dikategorikan “baik”.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode bermain mampu meningkatkan kecepatan dalam aktivitas kebugaran jasmani siswa kelas IV SDN Sisir IV Kota Batu. Peneliti mengharapkan kepada guru Pendidikan Jasmani untuk dapat merancang metode bermain yang lebih variatif lagi, sehingga tujuan kompetensi dasar materi kebugaran jasmani terlaksana dengan baik.