SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Animasi Sinyal Perwasitan Bolabasket Dalam Pembelajaran PadaPendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Untuk KelasXII SMABrawijaya Smart SchoolMalang.

Byan candra gloria estefan

Abstrak


ABSTRAK

 

Estefan, Byan Candra Gloria. 2014. Pengembangan Animasi Sinyal Perwasitan Bolabasket Dalam Pembelajaran PadaPendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Untuk KelasXII SMABrawijaya Smart SchoolMalang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes. (2) Febrita Paulina Heynoek  S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci:Animasi,SinyalPerwasitan Bolabasket.

Materi sinyal perwasitan merupakansalahsatumateri ajar yang harusdisampaikan guru penjaskepadasiswakelas XII SMA. Pembelajaran materi sinyal perwasitan bolabasket di SMA Brawijaya Smart School Malang kurang efektif dan kurang menarik. Disebabkan kurangnya media yang menunjang pembelajaran sinyal perwasitan bolabasket dan tidak adanya media yang menarik yang memudahkan yang bisa digunakan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai pembelajaran sinyal perwasitandi SMA Brawijaya Smart School Malang tersebut.

Penelitianinidilakukandengantujuanpengembangananimasisinyalperwasitanbolabasketdalampembelajaranuntuksiswa SMA Brawijaya Smart SchoolMalang, sehingggadapatmembantumemperjelas proses penyampaianinformasidari guru kepadasiswa, sertamembantu proses belajarmengajarterutamapenyampaianmaterisinyal perwasitan bolabasket.

Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall untuk pengembangan animasi  sinyal wasit  perwasitan  bolabasket dalam pembelajaran sebagai berikut:(1)Riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan menyebarkan kuesioner/angket (2) Mengembangkan produk awal (3) Validasi ahli (4) Uji coba kelompok kecil sebanyak 10 subjek (5) Revisi produk (6) Uji coba kelompok besar sebanyak 30 subjek (7) Revisi produk berdasarkan uji coba lapangan.

Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil yang diikuti sebanyak 10 subjek diperoleh persentase rata-rata81,83dan pada uji coba kelompok besar yang diikuti 30 subjek diperoleh persentase rata-rata 83,42sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan animasi sinyal perwasitan bolabasket dalam pembelajaran  pada pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan untuk kelas XII SMA Brawijaya Smart School Malang.

Berdasarkan darihasilpenelitian tersebutsangatjelasdanmenarikuntukdigunakansebagaisalahsatusumberbelajardandiminatikarenasesuaidengankarakteristikpelajarpadasaatini, diharapkanpengembangananimasi sinyal perwasitan bolabasket dalam pembelajaran,inibisamenjadi media baru yang menarik dan memudahkan untuk prosespenyampainmaterisehingga proses pembelajarandapatberjalandenganlancar.