SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model-model Permainan untuk Pembelajaran Bolatangan bagi Siswa Kelas X SMK Negeri 11 Malang

Oktanda Prima Utama

Abstrak


ABSTRAK

 

Utama, Oktanda Prima. 2014. Pengembangan Model-model Permainan untuk Pembelajaran Bolatangan bagi Siswa Kelas X SMK Negeri 11 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (2) Usman Wahyudi, S.Pd, M.Pd

 

Kata kunci: model-model permainan, pembelajaran bolatangan

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti dengan guru pendidikan jasmani dan siswa SMK Negeri 11 Malang pada tanggal 19-20 Desember 2013, pembelajaran bolatangan yang dilakukan belum pernah menggunakan pengembangan model-model permainan serta respon siswa terhadap materi bolatangan sangat kurang. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada guru pengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, menyatakan bahwa minat siswa sangat kurang terhadap materi bolatangan. Penyebaran angket terhadap 40 siswa, diperoleh hasil 5 siswa menjawab menyenangkan, 27 menjawab kurang menyenangkan dan 8 menjawab tidak menyenangkan untuk pembelajaran bolatangan. Ketika pembelajaran guru jarang memberikan model-model pembelajaran dalam bentuk permainan.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan model-model permainan untuk pembelajaran bolatangan. Diharapkan, pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam pembelajaran agar siswa lebih antusias dan senang dalam pembelajaran.

Penelitian yang dilaksanakan SMK Negeri 11 Malang ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan metode prosedural dari Borg dan Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Hasil pengembangan model-model permainan untuk pembelajaran bolatangan kelas X diperoleh data sebagai berikut: (1) justifikasi ahli permainan masuk kriteria baik sekali, (2) justifikasi ahli pembelajaran bolatangan masuk kriteria baik, (3) justifikasi ahli media masuk kriteria baik, (4) uji coba kelompok kecil masuk kriteria baik sekali, (5) uji coba kelompok besar masuk kriteria baik sekali. Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan menarik untuk dilakukan, aman untuk dilakukan, mudah untuk dilakukan, tepat untuk dilakukan, serta bermanfaat untuk siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang. Produk yang dikembangkan mempunyai kemenarikan dalam produk permainan karena model-model permainan dibuat permainan beregu/kelompok dengan media-media dan sistem kompetisi. Permainan aman dilakukan karena setiap regu mempunyai aturan-aturan permainan yang tegas dan media mencukupi. Permainan mudah untuk dilakukan dengan konsep langkah-langkah yang mudah dipahami. Permainan tepat untuk kelas X SMK karena diadaptasikan dengan ciri-ciri khusus anak usia remaja. Kebermanfaatan permainan sangat dominan untuk memberikan kebebasan gerak seluas-luasnya dan rasa senang pada diri anak.