SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN PERTAHANAN ( ZONA DEFENCE ) MENGGUNAKAN BUKU POLA STRATEGI 3-1 DENGAN POWERPLAY PADA KEGIATAN PELATIHAN FUTSAL VICTORY FUTSAL KEDIRI

Candra Irwanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Irwanto, Candra. 2013 Pengembangan Model Latihan Pertahanan (Zona Deffence) Menggunakan Buku Panduan Pola Strategi 3-1 dengan Powerplay pada Kegiatan Pelatihan Futsal Victory Futsal Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyoko, M. Pd (II) I Nengah Sudjana, S. Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: Pengembangan, Pelatihan, Strategi, Futsal.

Futsal merupakan olahraga yang popular dikalangan masyarakat seluruh dunia termasuk di Indonesia. Pada perkembangannya, permainan futsal tidak hanya sebagai sarana hiburan saja, melainkan sering dipertandingkan disetiap kejuaraan .

Menjadi pemenang dalam pertandingan futsal tidak semudah yang dibayangkan, banyak faktor yang mempengaruhi kualitas permainan futsal saat pertandingan berlangsung, di antaranya faktor strategi dan fisik. Kenyataan yang sering terjadi saat pertandingan futsal adalah pemain merasa jenuh dan tertekan ketika tim tertinggal oleh lawan, dampaknya adalah pemain merasa bingung ketika melakukan strategi bertahan sehingga alur bertahan dan menyerang dalam suatu tim menjadi tidak seimbang dan kondisi itu yang dimanfaatkan oleh lawan untuk mencari peluang mencetak gol. Berawal dari permasalahan tersebut, penulis mencoba mengembangkan suatu produk berupa buku panduan tentang Model Latihan Pertahanan Permainan Futsal dengan Powerplay pada Klub Victory Futsal Kediri.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model latihan zone deffence dalam kegiatan latihan futsal di Victory Futsal Kediri dengan harapan pola pertahanan futsal menjadi lebih baik dan terkoordinasi. Penelitian ini dilaksanakan di Victory futsal Kediri yang mengacu pada metode penelitian dan pengembangan ( Research and Development ). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis deskriptif berupa persentase. Teknik ini digunakan untuk analisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran angket. Rumus untuk menganalisis menggunakan rumus dari Sudjana (1990: 40).

Pada hasil evaluasi ahli media diperoleh total persentase 75%, evaluasi ahli permainan futsal I diperoleh total persentase 80,95% dan evaluasi ahli futsal II diperoleh total persentase 100% sehingga produk masuk pada kategori menarik, sesuai dan mudah digunakan. Produk dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli, yaitu ahli media dan dua ahli permainan futsal. Selanjutnya dilakukan uji coba ( kelompok kecil ) dan uji lapangan ( kelompok besar ). Analisis data hasil uji coba ( kelompok kecil ) dengan 10 orang subjek diperoleh total persentase 88,68% dengan kategori sangat menarik, sangat mudah dan sangat jelas. Namun tetap dilakukan perbaikan pada bagian tertentu untuk menyempurnakan produk. Hasil uji lapangan ( kelompok besar ) dengan 20 orang subjek diperoleh total persentase sebesar 91,98% dengan kategori sangat menarik, sangat mudah dan sangat jelas, sehingga tidak dilakukan revisi dan ditetapkan sebagai produk akhir.

Produk akhir dalam pengembangan Model Latihan Pertahanan (Zona Deffence) Menggunakan Buku Panduan Pola Strategi 3-1 dengan Powerplay pada Kegiatan Pelatihan Futsal Victory Futsal Kediri dapat digunakan sebagai media latihan bagi pemain di Victory Futsal Kediri.