SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Alat Bantu Untuk Latihan Kecepatan Reaksi Kiper Futsal Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang

Galih Titi Miharja

Abstrak


ABSTRAK

Miharja, Galih Titi. 2014. Pengembangan Alat Bantu Untuk Latihan Kecepatan Reaksi Kiper Futsal Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd, (II) Fahrial Amiq, S.Or., M.Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, alat bantu, latihan, kecepatan reaksi, kiper futsal.

Futsal merupakan permainan yang cepat dengan waktu yang pendek yaitu 2 x 20 menit dan ruang gerak yang sempit yaitu 25 x 12 meter, oleh karena itu dalam sebuah pertandingan futsal pasti akan terjadi banyak shooting ke arah gawang. Ukuran lapangan yang kecil mengakibatkan shooting yang dilakukan oleh pemain depan bisa sangat mudah diblok oleh pemain belakang. Bola liar hasil tendangan yang diblok oleh pemain bertahan tidak jarang tetap mengarah ke gawang namun dengan arah yang berbeda. Bola liar tersebut yang selama ini menjadi masalah bagi seorang kiper, tak terkecuali bagi seorang kiper profesional. Sebaik apapun seorang kiper pasti akan kesulitan dalam menghalau bola liar hasil blocking pemain bertahan karena arah yang berbeda dari arah semula. Maka dari itu seorang kiper futsal haruslah memiliki kecepatan reaksi yang baik untuk menghalau bola agar tidak masuk ke gawang. Kecepatan reaksi berasal dari kata kecepatan dan reaksi. Kecepatan merupakan sejumlah gerakan per waktu sedangkan reaksi yaitu kegiatan atau aksi yang timbul karena suatu perintah atau peristiwa. Maka dapat disimpulkan bahwa kecepatan reaksi adalah gerakan yang dilakukan tubuh untuk secepat mungkin memberikan respon terhadap suatu stimulus atau kejadian dalam suatu waktu.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat bantu latihan kecepatan reaksi untuk kiper futsal, yang diharapkan nantinya alat ini dapat membantu meningkatkan kecepatan reaksi kiper futsal serta menambah variasi dalam latihan kecepatan reaksi kiper futsal. Produk yang dikembangkan ini adalah pengembangan dari alat yang sudah ada yaitu matras untuk melambungkan bola, namun matras ini memiliki kelemahan yaitu bola yang melambung searah dengan arah awal bola, jadi semakin lama kiper akan dapat menghafal arah gerakan bola. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis berusaha membuat produk yang dapat melambungkan bola dengan arah yang berbeda dari arah semula untuk melatih kecepatan reaksi kiper futsal.

Pengembangan produk ini menggunakan metode yang mengacu pada rancangan penelitian pada model pengembangan (research and development) Borg and Gall. Dari 10 langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall, pada penelitian ini dilakukan modifikasi dengan hanya menggunakan 7 langkah pengembangan karena memperhatikan biaya yang akan digunakan, keterbatasan jumlah kiper yang ada pada tim-tim futsal di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang, alat dan bahan yang diperlukan serta perkiraan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan semua kegiatan penelitian dan pengembangan.

Hasil akhir dari kegiatan penelitian pengembangan ini berupa alat bantu untuk latihan kecepatan reaksi kiper futsal. Alat bantu latihan adalah semua alat yang dapat membantu pelaksanaan latihan agar tujuan dari latihan tersebut dapat tercapai. Adapun kelebihan dari alat ini yaitu: (1) dengan alat bantu untuk latihan kecepatan reaksi kiper futsal ini bola yang ditendang ke arah kiper dapat berbelok arah sehingga dapat meningkatkan kecepatan reaksi kiper futsal, (2) alat lebih efektif digunakan karena tidak mudah bergeser sehingga tidak perlu menata ulang letak alat setelah berkenaan dengan bola, (3) alat dapat dipisah menjadi 3 bagian yang bertujuan untuk memudahkan saat memindahkan maupun menyimpan alat, (4) alat dapat dijadikan sebagai alternatif strategi latihan dengan menggunakan alat pada pola latihan yang diberikan oleh pelatih.

Berdasarkan hasil uji coba (kelompok kecil) terhadap 6 orang kiper futsal dapat disimpulkan bahwa 95,83% subjek uji coba menyatakan bahwa alat bantu untuk latihan kecepatan reaksi kiper futsal ini sangat layak untuk digunakan. Dari hasil uji lapangan (kelompok besar) terhadap 12 orang kiper futsal dapat disimpulkan bahwa 89,58% subjek uji coba menyatakan bahwa alat yang dikembangkan pada penelitian ini sangat layak untuk digunakan sebagai alat bantu untuk latihan kecepatan reaksi. Tampilan alat secara keseluruhan menarik dan dapat membuat kiper futsal senang dan antusias dalam mengikuti latihan kecepatan reaksi. Peneliti menyarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas produk yang dikembangkan, serta dapat dikembangkan produk menggunakan bahan yang lebih baik agar alat dapat menjadi lebih efisien dan lebih menarik.