SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan pembelajaran sepakbola menggunakan media interaktif di smp

fanani .

Abstrak


ABSTRAK

 

Fanani. 2014. Pengembangan Pembelajaran Sepakbola Menggunakan Media Interaktif di SMP. Skripsi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo, M.Pd., (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan Pembelajaran, materi permainan sepakbola, Media Interaktif

Pendidikan adalah salah satu cara yang harus ditempuh para peserta didik agar mampu mengembangkan kemampuan yang ada pada dirinya. Dalam pendidikan jasmani, terdapat pembelajaran yang efektif dimana guru diharapkan mengembangkan media pembelajaran sehingga dapat mencapai tujuan pembelajarannya. Semakin variatif media pembelajaran yang digunakan guru maka semakin banyak peran siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan adalah media pembelajaran yang berbasis komputer.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran sepakbola menggunakan media interaktif Sebagai Media Pembelajaran di SMP, sehingga para siswa dapat belajar materi sepakbola tanpa merasa bosan dan lebih tertarik dengan materi sepakbola.

Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan kemudian untuk Rancangan penelitian peneliti mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg and Gall. Dari sepuluh langkah yang ada beberapa dimodifikasi oleh peneliti sesuai kebutuhan. Langkah-langkah yang diambil (1) Analisis kebutuhan dan observasi lapangan, (2) Pembuatan produk awal, (3) Evaluasi ahli, (4) Uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 12 subjek, (5) Revisi produk awal, (6) Uji coba kelompok besar dengan menggunakan 35 subjek, (7) Revisi produk akhir dan hasil akhir pengembangan dengan total keseluruhan sampel yang digunakan oleh peneliti dari uji kelompok kecil dan uji kelompok besar yaitu 35 siswa mulai dari kelas  tujuh, kelas delapan, kelas sembilan. Dari penelitian dan pengembangan serta prosedur yang dilakukan di atas, dihasilkan produk yaitu pengembangan pembelajaran sepakbola menggunakan media interaktif di SMP Negeri 2 Malang: (1) sejarah sepakbola (2) teknik dasar sepakbola, (3) taktik sepakbola, (4) latihan fisik dan latihan mental, (5) peraturan dan perwasitan sepakbola.

Berdasarkan hasil uji ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar disimpulkan pengembangan pembelajaran sepakbola menggunakan media interaktif di SMP ini bermanfaat, menarik dan menyenangkan. Sebagai upaya penyebarluasan produk yang telah dikembangkan ke sasaran yang lebih luas sebaiknya produk yang telah dikembangkan ini dievaluasi kembali kemudian disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Spesifikasi yang digunakan untuk produk yang peneliti buat berupa Produk pengembangan software yang menggunakan komputer sebagai media interaktif pembelajaran sepakbola yang berisi tentang sejarah sepakbola, teknik dasar, taktik, latihan fisik, latihan mental, peraturan, dan perwasitan. Dalam media interaktif dilengkapi dengan video, foto, suara, musik, dan terdapat juga variasi warna dan gambar, tulisan. Produk akhir media interaktif dikemas dalam bentuk VCD.

Berdasarkan dari penelitian dikemukakan saran-saran yang meliputi saran pemanfaatan,saran diseminasi, dan saran pengembangan produk lebih lanjut. Dalam saran pemafaatan banyak manfaat yang digunakan bagi siswa, bagi guru, bagi sekolah, dan juga bagi peneliti sendiri. Sedangkan saran diseminasi yaitu sebagai upaya penyebarluasan produk yang telah dikembangkan agar produk memperoleh pengakuan sebagai pengembangan pembelajaran sepakbola menggunakan media interaktif.