SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan ModelPermainan Untuk Pembelajaran Teknik Lari Sprint Peserta Didik Kelas X TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMKN 11 Kota Malang

Jevri Ardila

Abstrak


ABSTRAK

 

Ardila, Jevri. 2014. Pengembangan ModelPermainan Untuk Pembelajaran Teknik Lari Sprint Peserta Didik Kelas X TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMKN 11 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Drs. Siti Nurrochmah, M.Kes., (II) Drs. Agus Tomi, M.Pd,.

 

Kata Kunci: pengembangan, model permainan, keterampilan,lari sprint,

Lari sprint merupakan salah satu nomor perlombaan yang ada di atletik. Di SMKN 11 Kota Malang diberikan pembelajaran materi atletik lari sprint pada peserta didik kelas X TKR (Teknik Kendaraan Ringan). Berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan terhadap 1 pendidik pendidikan jasmani dan olahraga (dikjasor) dan 31 peserta didik kelas X TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMKN 11 Kota Malang. Peserta didik tidak tertarik mengikuti olahraga materi atletik lari sprint dan merasa bosan apabila di ajarkan materi atletik lari sprint, dalam pembelajaran pendidik juga belum memberikan variasi dalam memberikan permainan untuk materi atletik lari sprint. Maka dari itu berdasarkan masalah di atas perlu adanya model permainan yang bervariasi agar peserta didik lebih antusias dan tidak bosan dalam mengikuti materi atletik lari sprint. Makadisusunlah model permainan yang bervarias untuk pembelajaran teknik lari sprint untuk peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untuk pembelajaran teknik lari sprint peserta didik kelas X TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMKN 11 Kota Malang. Namun demikian penelitian ini juga menghasilkan produk berupa buku panduan yang berguna untuk menambah bahan ajar dalam pembelajaran atletik lari sprint.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tahap-tahap penelitian dan pengembangan dari model Borg and Gall (1983:775) yang sudah disederhanakan menjadi 7 langkah oleh dari Ardhana (2002:9), tahap-tahap dalam pengembangan tersebut adalah: 1) Melakukan analisis kebutuhan 2) Membuat produk awal 3) Evaluasi ahli 4) Uji coba kelompok kecil 5) Revisi produk awal 6) Uji coba kelompok besar 7) Revisi produk akhir.Penggunaan instrumen ini adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.

Model permainan ini dirancang dan dikembangkan melalui saran dan evaluasi dari para ahli pembelajaran, ahli pembelajaran pendidikan jasmani, ahli pembelajaran atletik, ahli pelatih atletik, ahli permainan. Secara keseluruhan para ahli menyetujui produk yang dikembangkan layak digunakan untuk peserta didik kelas X TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMKN 11 Kota Malang. Data yang diperoleh pada uji coba kelompok kecil sebesar 93,125%, sedangkan untuk uji coba kelompok besar 91,5%. Berdasarkan hasil yang diperoleh di atas, produk pengembangan berupa buku panduan model permainan untuk pembelajaran teknik lari sprint peserta didik kelas X TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMKN 11 Kota Malang layak digunakan dalam pembelajaran materi atletik lari sprint yang akan membuat peserta didik memiliki minat dan tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran atletik lari sprint.