SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Lempar Lembing Menggunakan Pendekatan Bermain untuk Peserta Didik Kelas VIII di SMPN VIII Malang

Chandra Dani Setya Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Putra, Chandra Dani Setya. 2014. Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Lempar Lembing Menggunakan Pendekatan Bermain untuk Peserta Didik Kelas VIII di SMPN VIII Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrocmah, M. Kes.  (II) dr. Agung Kurniawan, M.Kes.

 

Kata Kunci: pengembangan, pembelajaran, lempar lembing, bermain.

Lempar lembing adalah salah satu olahraga yang terdapat pada kurikulum Sekolah Menengah Pertama (SMP). Berdasarkan observasi peneliti terhadap satu orang pendidik pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta ke 39 orang peserta didik kelas VIII di SMPN VIII Malang, ternyata di sekolah belum ada pembelajaran teknik dasar lempar lembing menggunakan pendekatan bermain. Selain itu pembelajaran materi lempar lembing dilakukan di luar sekolah karena sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah kurang memadai. Hal tersebut menyebabkan proses belajar mengajar menjadi kurang menarik, terkesan membosankan dan banyak peserta didik yang kurang memperhatikan penjelasan dari pendidik. Permasalahan tentang pembelajaran yang kurang inovatif dan bervariasi dalam pembelajaran teknik dasar lempar lembing tersebut menarik untuk dikaji. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan pembelajaran teknik dasar lempar lembing sehingga dapat membantu peserta didik dalam pembelajaran teknik dasar lempar lembing. Maka disusunlah rancangan produk pengembangan pembelajaran teknik dasar lempar lembing menggunakan pendekatan bermain.

Berpijak pada permasalahan yang telah dijelaskan tersebut di atas, tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran teknik dasar lempar lembing menggunakan pendekatan bermain untuk peserta didik kelas VIII di SMPN VIII Malang. Oleh karena itu diharapkan melalui penelitian dan pengembangan ini peserta didik merasa tertarik dan tidak bosan selama proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan khususnya pada pembelajaran materi lempar lembing. Disamping itu, tujuan penelitian dan pengembangan menghasilkan produk berupa buku pembelajaran teknik dasar lempar lembing menggunakan pendekatan bermain.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall (1983:775) yang disederhanakan menjadi 7 langkah sesuai dari Ardhana (2002:9), langkah-langkah tersebut adalah: (1) Melakukan Analisis produk yang akan dikembangkan (2) Mengembangkan produk awal (3) Evaluasi ahli (4) Uji coba kelompok kecil (5) Revisi produk awal (6) Uji coba kelompok besar (7) Revisi produk akhir. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.

Model latihan ini dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli, yaitu satu orang ahli pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, satu orang ahli pembelajaran dan satu orang ahli permainan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pembelajaran teknik dasar lempar lembing menggunakan pendekatan bermain pada kelas VIII di SMPN VIII Malang layak dan bisa digunakan oleh peserta didik serta pendidik di SMPN VIII Malang. Dari hasil uji coba kelompok kecil didapatkan hasil 80,43% yang menyatakan bahwa produk mudah dipahami, produk sangat menarik dan peserta didik sangat membutuhkan pembelajaran teknik dasar lempar lembing menggunakan pendekatan bermain sesuai data hasil uji coba kelompok besar didapatkan hasil 93,85% menyatakan bahwa produk sangat jelas, mudah dipahami, sangat menarik, sangat bermanfaat dan peserta didik sangat membutuhkan pembelajaran teknik dasar lempar lembing menggunakan pendekatan bermain.

Dari hasil tersebut diharapkan penelitian dan pengembangan tentang pembelajaran teknik dasar lempar lembing menggunakan pendekatan bermain dengan produk berupa variasi permainan yang dilengkapi dengan buku panduan tentang variasi permainan lempar lembing bisa menjadi salah satu alternatif pembelajaran lempar lembing menggunakan pendekatan bermain dalam pembelajaran dikjas di SMPN VIII Malang. Diharapkan hasil penelitian dan pengembangan ini dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk digunakan dalam pembelajaran materi lempar lembing dan bagi peserta didik dapat digunakan untuk melatih keterampilan motorik peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teknik dasar lempar lembing menggunakan pendekatan bermain dapat digunakan sebagai salah satu pembelajaran yang lebih inovatif dan bervariasi, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.