SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengembanganVariasiLatihanPassing BawahdanPassing AtasBolavoliPadaKegiatanEkstrakurikuler SMA KemalaBhayangkari 3 PorongKabupatenSidoarjo.

ALFIAN ROMADHAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Romadhan, Alfian. 2014. PengembanganVariasiLatihanPassing BawahdanPassing AtasBolavoliPadaKegiatanEkstrakurikuler SMA KemalaBhayangkari 3 PorongKabupatenSidoarjo. SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatan, FakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I)Dr. SitiNurrochmah, M.Kes, (II) Drs. AgusTomi, M.Pd

 

Kata Kunci: pengembangan, latihan, passing bawahdanpassing atas, bolavoli

Berdasarkanobservasiawaldanpemberianangketkepadapelatihkegiatanekstrakurikuler SMA KemalaBhayangkari 3 PorongKabupatenSidoarjopadatanggal 4 Februari 2014, padasaatlatihanpassing pesertadidikmasihmenggunakan media dindingsebagaialat bantu pantulan bola danpesertadidikhanyaberpasangandengansalahsatutemannyauntukmelakukanlatihanpassing bawahmaupunpassing atas. Pelatihmemberikanjawabanpadaangket yang diberikansebagaiberikut: Tidakada program latihansecaratertulis yang disiapkanolehpelatihsaatmelatihdanvariasilatihanpassing bawahdanpassing atasmasihjarangditerapkanolehpelatihpada proses latihan. Penyebaranangketkepada 30 orang pesertadidik 83,4% pesertadidiktidakpernahmengenal model variasilatihanpassing bawahdanpassing atas. Baikpelatihdanpesertadidikmenyatakankesetujuannyaterhadappengembanganvariasilatihanpassing bawahdanpassing atas yang dilakukanpeneliti.

Tujuanpenelitandanpengembanganiniadalahuntukmengembangkanvariasilatihanpassing bawahdanpassing atasbolavolibagipesertakegiatanekstrakurikulerbolavoli di SMA KemalaBhayangkari 3 PorongKabupatenSidoarjodalamrangkameningkatkanketerampilanpassing bawahdanpassing atas, pengembanganvariasilatihanpassing bawahdanpassing atasinidilengkapidenganbukupanduan yang berisitentangvariasilatihanpassing bawahdanpassing atasbolavoli. Olehkarenaitupenelitiandanpengembanganinidiharapkandapatmembantupesertadidikdalammempercepat proses penguasaanteknikpassing bawahdanpassing atassecarabaikdanbenardalamkegiatanekstrakurikulerbolavoli di SMA KemalaBhayangkari 3 PorongKabupatenSidoarjo.

Metodepenelitian yang digunakanadalahpenelitiandanpengembangandari model Borg and Gall (1983:775) yang sudahdisederhanakanmenjadi 7 langkaholehdariArdhana (2002:9), tahap-tahapdalampengembangantersebut adalah: 1) Melakukan analisiskebutuhan 2) Membuat produk awal 3) Evaluasi ahli 4) Uji coba kelompok kecil 5) Revisi produk awal6) Uji coba kelompok besar 7) Revisi produk akhir.Instrumen yang digunakanadalahberupaangketberisitentangrancanganproduk yang telahdibuat. Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisiskualitatifdankuantitatifberupapersenta, teknik analisis kuantitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan teknik data analisis kualitatif diperoleh dari kritik dan saran para ahli.

Variasilatihanpassing bawahdanpassing atas yang dirancangdandikembangkanmelalui saran danevaluasidari para ahlibolavoli, ahlikepelatihanbolavolidanpendidikpendidikanjasmani. Secarakeseluruhan para ahlimenyetujuhiproduk yang dikembangkanlayakdigunakanuntukpesertadidikkegiatanekstrakulikulerbolavoli SMA KemalaBhayangkari 3 PorongKabupatenSidoarjo. Data yang diperolehpadaujicobakelompokkecilsebesar 80%, sedangkanuntukujicobakelompokbesar 91,60%. Berdasarkanhasil yang diperoleh di atas, produkpengembanganvariasilatihanpassing bawahdanpassing atasbolavolipadakegiatanekstrakurikuler SMA KemalaBhayangkari 3 PorongKabupatenSidoarjoinilayakdigunakanuntuklatihanpassing bawahdanpassing atasbolavoli.