SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Variasi Latihan Penyerangan 2-1-1 menggunakan video interaktif Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP Negeri 4 Pamekasan

Indra Gunawan Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratama, Indra Gunawan. 2009. Pengembangan Variasi Latihan Penyerangan 2-1-1 Pada Kegiatan Ekstrakurikuler  Futsal di SMP Negeri 4 Pamekasan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Lokananta Teguh Hari Wiguno, M.Kes. (2) Fahrial Amiq, S. Or., M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, variasi latihan, penyerangan 2-1-1.

Futsal merupakan salah satu cabang olahraga yang berkembang di Indonesia saat ini. Futsal merupakan bentuk permainan bola yang dimainkan oleh dua regu atau tim, dan setiap regu mempunyai anggota lima orang. Futsal sangat digemari oleh kalangan remaja sampai dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Futsal itu sendiri adalah suatu permainan dimodifikasi dari cabang olahraga sepakbola. Tujuan permainan futsal memasukkan lawan sebanyak-banyaknya dan menjaga gawang sendiri sampai kemasukan bola dari lawan.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan variasi latihan penyerangan 2-1-1 (offence) menggunakan video interaktif  pada kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 4 Pamekasan dan dapat memberikan variasi dalam permainannya, sehingga akan ada banyak cara untuk mematikan pergerakan lawan. Diharapkan hasil pengembangan variasi latihan pola penyerangan tersebut bisa digunakan secara maksimal saat pertandingan bagi siswa ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 4 Pamekasan.

Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah metode pengembangan yang dikemukakan oleh Borg & Gall untuk pengembangan video penyerangan sebagai berikut: 1) Riset dan pengumpulan data. (2) Pengembangan rancangan produk. (3) Evaluasi dari ahli media dan ahli futsal. (4) Revisi produk awal. (5) Uji lapangan (kelompok besar). (6) Revisi produk akhir. (7) Produk Akhir.

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap 20 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 4 Pamekasan 94% siswa menyatakan orientasi mengikuti ekstrakurikuler futsal adalah memiliki prestasi di bidang olahraga, ditemukan 100% siswa menyatakan bahwa pada saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal pada variasi penyerangan yang diberikan dengan pola 1-2-1, dan 95% siswa menyatakan bahwa pada saat kegiatan ekstrakurikuler futsal, pelatih belum pernah memberikan variasi latihan  penyerangan 2-1-1. 98% siswa menyatakan setuju jika bentuk variasi penyerangan 2-1-1 dikembangkan dengan bentuk video pada ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 4 Pamekasan.

Dari hasil analisis validasi ahli permainan futsal I diperoleh hasil 77,3%, ahli permainan futsal II diperoleh hasil 81,5 dan ahli media diperoleh hasil 85,5% maka produk pengembangan pengembangan variasi latihan penyerangan 2-1-1 (offence) menggunakan video interaktif pada kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 4 Pamekasan. Dari hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata 89,5% dan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase rata-rata 94,1%, sehingga dapat disimpulkan bahwa  penyerangan       2-1-1 menggunakan video interaktif  pada kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 4 Pamekasan Malang sangat jelas dan menarik untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar.