SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Tematik Integratif Dalam Pendidikan Jasmani Menggunakan Multimedia Interaktif untuk kelas 1 SD

Pradita Arilona

Abstrak


ABSTRAK

 

Arilona, Pradita. 2014. Pengembangan Pembelajaran Tematik Integratif Dalam Pendidikan Jasmani Menggunakan Multimedia Interaktif untuk kelas 1 SD. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd, (2) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran Tematik Integratif dalam Pendidikan Jasmani, Multimedia Interaktif.

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan juga merupakan salah satu mata pelajaran yang ada pada isi kurikulum pendidikan, termasuk kurikulum 2013. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap dalam menghadapi masa depan. Pembelajaran yang direkomendasikan oleh kurikulum 2013 adalah pembelajaran tematik- integratif. Pada era globalisasi saat ini untuk menunjang pembelajaran pendidikan jasmani tematik integratif dibutuhkan beberapa macam media untuk mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam hal ini yang berperan penting dalam proses belajar mengajar adalah seorang guru pendidikan jasmani. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan pembelajaran tematik integratif dalam pendidikan jasmani menggunakan multimedia interaktif yang nantinya diharapkan dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran pendidikan jasmani di SD kelas 1.  

Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian dan pengembangan 8 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall untuk pengembangan pembelajaran tematik integratif dalam pendidikan jasmani menggunakan multimedia interaktif sebagai berikut: 1) Melakukan penelitian awal yaitu analisis kebutuhan dengan menyebarkan kuesioner kepada 20 guru pendidikan jasmani SD di Kecamatan Kayen Kidul, (2) Pembuatan produk, (3) evaluasi ahli, (4) Revisi Produk menurut evaluasi ahli (5) Persiapan uji coba kelompok kecil, menggunakan 10 subjek, (6) Revisi produk (kedua) (7) Uji coba lapangan (kelompok besar) menggunakan 20 subjek, (8) Revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar

Berdasarkan analisis kebutuhan yang peneliti lakukan terhadap 20 guru pendidikan jasmani SD di Kabupaten Kediri melalui pengisian angket diperoleh hasil (80%) guru mengetahui tentang pembelajaran tematik integratif kelas 1 (100%) menyatakan guru belum menerapkan pembelajaran tematik integratif kelas 1 di sekolah dasar, (100%) menyatakan perlu dikembangkan media pembelajaran tematik integratif, (90%) menyatakan guru menyukai pembelajaran tematik integratif menggunakan multimedia interaktif, (100%) menyatakan guru belum memiliki bahan ajar tematik integratif yang berbentuk multimedia interaktif. Dari hasil analisis validasi ahli media hasil 77,5%, ahli pembelajaran 84,5% maka produk pengembangan pembelajaran tematik integratif dalam pendidikan jasmani menggunakan multimedia interaktif dapat diuji cobakan  sebagai media pembelajaran. Dari hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata 82,2% dan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase rata-rata 92,4% sehingga dapat disimpulkan bahwa produk ini dapat digunakan dalam pengembangan pembelajaran pendidikan jasmani tematik integratif untuk guru pendidikan jasmani sekolah dasar.

Hasil akhir dari penelitian pengembangan ini adalah berupa produk pembelajaran tematik integratif dalam pendidikan jasmani menggunakan multimedia interaktif untuk SD kelas 1. Pengembangan multimedia interaktif ini mempunyai kelebihan produk dibuat sederhana agar guru tidak kesulitan dalam mengoprasikannya. Multimedia interaktif ini memiliki perbedaan dengan   media-media yang lain, misalnya buku cetak, di dalam multimedia interaktif ini terdapat gambar yang menarik, video pembelajaran serta lagu untuk penyemangat dalam mempelajari materi. Hal ini bertujuan agar guru tidak merasa bosan dalam mempelajari materi pembelajaran pendidikan jasmani tematik integratif ini.