SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran variasi gerak dasar kedalam Modifikasi Atletik dengan metode bermain pada siswa kelas V SDN Sentul 01 Kecamatan Purwodadi Kabupaen Pasuruan

Yusqunur Risky Aulia

Abstrak


ABSTRAK

 

Yusqunur Risky Aulia.2014. Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran variasi gerak dasar kedalam Modifikasi Atletik dengan metode bermain pada siswa kelas V SDN Sentul 01 Kecamatan Purwodadi Kabupaen Pasuruan, Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Mu’Arifin, M.Pd (II) Drs.Tatok Sugiarto,S.Pd,M.Pd

 

Kata Kunci: Meningkatkan Efektifitas, Variasi Gerak dasar dengan Metode Bermain

Pada materi variasi gerak dasar di SDN Sentul 01 Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan ini, masih dapat dikatakan jauh dari kata Efektif. Hal ini di sebabkan karena guru pendidikan jasmani belum menerapkan metode yang bervariasi terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan observasi awal pada kelas V SDN Sentul 01 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan, diperoleh hasil bahwa penguasaan tentang variasi gerak dasar terhadap pembelajaran ternyata belum optimal sehingga perlu ditingkatkan melalui penerapan metode yang lain.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan psikomotor variasi gerak dasar melalui penerapan metode Bermain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus, 1 siklus 3 kali pertemuan dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 45 siswa kelas V di SDN Sentul 01 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan dengan rincian 14 siswa Putri dan 31 siswa Putra. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan).

Melalui penerapan metode bermain diharapkan dapat meningkatkan variasi gerak dasar dari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan variasi gerak dasar setelah di berikan tindakan dari siklus I dan siklus II hasilnya, Efektifitas (pada aspek Psikomotor) variasi gerak dasar dari siklus I pertemuan ke 1 sebesar 61.25% dengan katagori cukup dan pertemuan ke 2 sebesar 65.25% dengan katagori cukup, serta pertemuan ketiga sebesar 75.25% dengan kategori cukup, dan pada siklus II pertemuan ke 1 mengalami peningkatan dengan skor 80.5% yang tergolong dalam katagori baik .

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menerapkan metode bermain dapat meningkatkan Psikomotor Variasi gerak dasar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di SDN Sentul 01 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan penelitian ini disarankan  agar pada sekolah-sekolah yang lain dapat menerapkan bermian pada pembelajarannya sehingga proses pembelajaranya dapat menjadi lebih optimal.