SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Latihan Kesegaran Jasmani Menggunakan Metode Tebak Dadu Untuk Siswa Kelas V SDN Umbul 01 Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang

Ahmad Yudi Muzakki

Abstrak


ABSTRAK

 

Muzakki, Ahmad, Yudi. 2014. Pengembangan Latihan Kesegaran Jasmani Menggunakan Metode Tebak Dadu Untuk Siswa Kelas V SDN Umbul 01 Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Supriatna, M.Pd. (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata kunci: Latihan Kesegaran Jasmani, Tebak Dadu, Buku Petunjuk

Latihan kesegaran jasmani merupakan salah satu materi yan terdapat pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Sekolah Dasar. Materi yang diajarkan di dalam latihan kesegaran jasmani adalah permainan tebak dadu yang di dalamnya terdapat latihan - latihan yang menyenangkan dan berguna bagi kesehatan anak. Diantaranya : sit up memindahkan bola, push up dengan bola digantung di atas punggung, squat jump dengan menyundul bola, lari bolak balik 10 meter memindahkan bendera, lari di tempat dengan cepat, melompati kardus, melempar bola ke tembok, senam dan joget bebas yang diiringi dengan irama musik. Terkait dengan hasil penelitian diperoleh data bahwa dalam mata pelajaran kesegaran jasmani belum ada buku petunjuk tentang kesegaran jasmani menggunakan metode tebak dadu, dan dari hasil analisis kebutuhan bahwa SDN Umbul 01 sangat memerlukan produk tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan latihan kesegaran jasmani menggunakan metode tebak dadu untuk siswa kelas V SDN Umbul  01 Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang, siswa akan lebih aktif dan bersemangat dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani.

Prosedur pengembangan latihan kesegaran jasmani menggunakan metode tebak dadu ini melalui beberapa tahap, antara lain: (1) Melakukan Penelitian awal, analisis kebutuhan, pengumpulan data, dan informasi. (2) Kajian pustaka dan observasi lapangan di SDN Umbul 01 Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang. (3) Mendesain produk awal. (4) Evaluasi ahli dengan menggunakan satu ahli kesegaran jasmani, satu ahli permainan, dan satu ahli pembelajaran. (5) Revisi produk awal. (6) Uji coba kelompok kecil dengan subjek 6 siswa kelas V SDN Umbul. (7) Revisi produk awal sesuai dengan kegiatan uji kelompok kecil. (8) Uji coba kelompok besar (lapangan) dengan subjek 20 siswa kelas v SDN Umbul. (9) Revisi produk sesuai dengan kegiatan uji coba kelompok besar. (10) Hasil akhir produk pengembangan dari hasil revisi produk akhir.

Hasil uji kelompok kecil di peroleh 85,16%, dan uji kelompok besar 87,8% oleh karena itu, produlk ini telah memenuhi kriteria baik bisa disebarluaskan dan dapat digunakan sesuai dengan tujuanya.

Disarankan, sebelum disebarluaskan, sebaiknya dievaluasi kembali, dan disesuaikan dengan sasaran yang dituju. Sebelum disebar luaskan sebaiknya disosialisasikan kepada pihak-pihak yang terkait seperti guru penjas SD lainnya.