SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UPAYA MENINGKATKAN SIKAP SISWA DALAM MATERI GERAK DASAR ATLETIK MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS V SDN TAJINAN 02 KABUPATEN MALANG

Satrio Pujo Sasmito

Abstrak


ABSTRAK

 

Sasmito, Satrio Pujo. 2014.Upaya Meningkatkan Sikap Siswa Dalam Gerak DasarAtletik  melalui Metode Bermain pada Siswa Kelas V SDNTajinan 02 Kabupaten Malang.Skripsi, JurusanPendidikan Jasmani dan Kesehatan, FakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd, (II) I NengahSudjana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: meningkatkan Sikap, gerak dasar atletik, metode bermain.

Pembelajaran pendidikan jasmani memiliki beberapa domain/ranah, salah satunya adalah sikap. Sikap gerak dasar atletik siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tajinan 02 Kabupaten Malang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil observasi awal, sikap siswa pada materi gerak dasar atletik masih tergolong rendah, sebagian besar dari siswa cenderung kurang partisipatif dan tidak percaya diri dalam melakukan setiap gerakan serta metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru menjadikan siswa kurang bersemangat, sehingga perlu ditingkatkan melalui metode pembelajaran lainnya.

Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmeningkatkan Sikap gerak dasar atletik melalui metode bermain.

Penelitianinimerupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakanpendekatandeskriptif kualitatif dan kuantitatif.Pelaksanaan tindakan kelas ini dilaksanakan dengan 2 siklus, di mana masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas V SDN Tajinan 02 Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif maupun kuantitatif.

Berdasarkanhasilanalisis data tersebut, temuan penelitian yang dihasilkan adalah penerapan metode bermain untuk meningkatkan Sikap gerak dasar siswa berhasil mencapai KKM.Sikap siswa pada materi gerak dasar atletik pada siklus 1 pertemuan pertama yaitu 51.3%, pertemuan kedua sebesar 57.2%, dan pertemuan ketiga sebesar 64.2%. Siklus 1 mengalami peningkatan yang kurang signifikan, sehingga penelitian dilanjutkan dengan siklus 2 dan memperoleh hasil antara lain pada pertemuan pertama yaitu 66.8%, pertemuan kedua sebesar 68.5%, dan pertemuan ketiga sebesar 78.5%.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain pada variasi gerak dasar atletik dapat meningkatkan Sikap siswa kelas V SDN Tajinan 02 Kabupaten Malang.Berdasarkankesimpulantersebut, disarankankepadabeberapapihakantara lain:(1) bagi Guru Pendidikan Jasmani SDN Tajinan 02, hendaknya guru menggunakan metode pembelajaran yang lebih variatif, dan guru lebih memperhatikan pula aspek afektif, (2) bagi Siswa hendaknya lebih meningkatkan partisipasinya, (3) bagiSDN Tajinan 02, hendaknya dapat mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas sekolah, dan  (4) bagipeneliti lain, hendaknya dijadikan sebagai rujukan penelitian serupa.