SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PELATIHAN BODY ROTATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERENANG GAYA BEBAS PADA ATLET RENANG KLUB TIRTA NIRWANA S.C

Aprilia Ningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningrum, Aprilia. 2014. Penerapan Model Latihan Body Rotation Untuk Meningkatkan Keterampilan Berenang Gaya Bebas Pada Atlet Klub Tirta Nirwana S.C. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd, (2) Dra. Sulistyorini, M.Pd

 

Kata Kunci: Model Latihan body rotation, renang.

Renang gaya bebas merupakan gerakan yang dilakukan dengan cara menelungkupkan badan dimana tangan dan kaki melakukan tarikan dan tendangan. Pelatihan renang di klub umumnya belum berjalan dengan baik, demikian pula yang terjadi pada kelompok pra-prestasi klub Tirta Nirwana S.C. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor, salah satu di antaranya penerapan model pelatihan yang kurang menarik bagi atlet.

Berdasarkan observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan berenang gaya bebas atlet kelompok pra-prestasi di klub Tirta Nirwana S.C dapat dikatakan kurang baik karena dari kelima teknik dasar renang gaya bebas yang diamati, yaitu sikap meluncur, gerakan kaki, gerakan body rotation, gerakan tangan, dan koordinasi gerakan renang gaya bebas presentase kesalahan masih banyak terlihat pada teknik saat gerakan body rotation yaitu 28,84%. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki gerakkan renang gaya bebas dengan menggunakan model pelatihan body rotation. Model pelatihan digunakan agar atlet tidak bosan selama pelatihan renang gaya bebas.

Peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas Arikunto dkk (2010:16) menyatakan bahwa ada tiga kata inti dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) penelitian , (2) tindakan , dan (3) kelas. PTK merupakan ragam penelitian pembelajaran yang berkonteks kelas yang dilakukan oleh guru. Pada penelitian ini yang digunakan adalah model PTK dari Arikunto. Model ini terdiri dari siklus-siklus yang saling berhubungan dimana pada setiap pelaksanaannya terdiri dari tahapan-tahapan: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan (observasi), dan 4. Refleksi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah melakukan pelatihan dengan model pelatihan body rotation terjadi perbaikan pada keterampilan gerakkan body rotation atlet selama mengikuti pelatihan renang gaya bebas dari tiap siklus. Siklus 1 terdiri dari 3 pertemuan siklus 2 terdiri dari 3 pertemuan. Pada siklus 1 dari aspek gerakan body rotation yang melakukan dengan benar sebesar 32,69%. Hasil siklus 2 menunjukan bahwa peningkatan keterampilan renang gaya bebas khususnya pada gerakan body rotation yang melakukan dengan benar sebesar 94,23%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan bagi pelatih renang di klub Tirta Nirwana S.C agar dapat menggunakan model pelatihan body rotation dalam pelatihan berenang gaya bebas. Model pelatihan body rotation dapat dijadikan alternatif dalam pelatihan renang gaya bebas karena berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pelatihan body rotation dapat memperbaiki gerakan renang gaya bebas atlet kelompok pra-prestasi klub Tirta Nirwana S.C.