SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MENINGKATKAN KETERAMPILAN RENANG GAYA BEBAS MENGGUNAKAN METODE PART AND WHOLE PADA ATLET PEMULA KLUB OSCAR KABUPATEN MALANG

Galih Yoga Neviantoko

Abstrak


ABSTRAK

 

Neviantoko, Galih Yoga. 2014. MeningkatkanKeterampilanRenang Gaya Bebas MenggunakanMetode Part and WholePadaAtlet PemulaKlub Oscar Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. TatokSugiarto, S.Pd.,M.Pd, (II)Dra. Sulistyorini, M.Pd

 

Kata Kunci: Peningkatan Keterampilan, Renang Gaya Bebas, MetodePart and  Whole.

Pelatihan keterampilan teknik dasar renang merupakan salah satu pelatihan yang dilatihkan di klub Oscar Kabupaten Malang. Hal ini sesuai dengan program latihan yang tertuang dalam pelatihan untuk menunjang suatu prestasi. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada tanggal 15 januari 2014, diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan renang gaya bebas pada atlet pemula klub Oscar Kabupaten Malang, ternyata kurang begitu menguasai teknik dasar ini.

Tujuan penelitian ini meningkatkan keterampilan berenang gaya bebas dengan pola-pola latihan ditambah dengan penerapan metode part and whole dengan harapan atlet pemula dapat mempunyai teknik berenang gaya bebas yang bagus. Sehingga dapat sebagai pembibitan atlet masa depan Klub Oscar Kabupaten Malang.

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Olahraga (PTO) yang dilandasi penelitian tindakan kelas yaitu dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan olahraga ini dilakukan melalui dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan tindakan, (2) Melakukan tindakan, (3) Pengamatan atau observasi, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah Atlet Pemula Klub Oscar Kabupaten Malang yang berjumlah 16 atlet pemula. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan atau observasi, dokumentasi dan tes.

Hasil penelitian ini mampu meningkatkan teknik dasarrenang gaya bebas para Atlet Pemula dari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari presentase keberhasilan atlet dalam teknik dasar renang gaya bebas setelah diberikan tindakan dari siklus 1 dan siklus 2 hasilnya,85,9% atlet bisa melakukan gerakan meluncur dengan posisi tubuh telungkup dan streamline, 90,6% atlet dapat melakukan gerakan tungkai dimulai dari pangkal paha sampai ujung kaki dengan baik, 78,1% atlet dapat melakukan gerakan lengan secara bergantian dengan baik, 93,7% atlet bisa mengambil nafas melalui mulut sebanyak-banyaknya kemudian mengeluarkan nafas melalui hidung sedikit demi sedikit dan sebaliknya dengan baik, 87,5% atlet bisa melakukan koordinasi gerakan berenang gaya bebas dengan baik.

Kesimpulan yang diperolehdaripenggunaanmetode pelatihandenganmenerapkanmetodepart and wholedapatmeningkatkanketerampilan berenanggayabebaspadaatlet pemula klub Oscar Kabupaten Malang. Saran dalam penelitian ini adalah agar pelatih dalam merancang program latihan lebih menekankan pada penerapan metode untuk dapat menghasilkan keterampilan yang memuaskan dan pelatih harus cermat mengetahui kemampuan dasar tiap atletnya.