SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Kelincahan Menggunakan Media Lampu dan Keset Warna untuk Pemain Bulutangkis di PB Prospek Surya Naga dan Tiga Berlian Malang.

Marki Sandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Sandi, Marki. 2014. Pengembangan Model Latihan Kelincahan Menggunakan Media Lampu dan Keset Warna untuk Pemain Bulutangkis di PB Prospek Surya Naga dan Tiga Berlian Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes (II) Usman Wahyudi, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci: pengembangan, latihan, kelincahan dalam permainan bulutangkis

Kelincahan adalah kemampuan seseorang untuk dapat bergerak dan mengubah arah dengan cepat tanpa kesulitan berarti untuk melakukannya. Tujuan latihan kelincahan adalah untuk melatih kelincahan dan koordinasi langkah kaki sehingga memudahkan pemain untuk menjangkau shuttlecock ke setiap sudut lapangan dengan kecepatan yang tinggi dan koordinasi gerak yang baik. Kenyataan yang ada di lapangan khususnya pada PB Prospek Surya Naga dan Tiga Berlian Malang, latihan kelincahan yang diberikan pelatih untuk pemain yaitu shuttlerun, jongkok berdiri, dan shadow menggunakan raket melalui komando dari pelatih sehingga dirasa perlu adanya variasi latihan kelincahan yang lain untuk alternatif pilihan latihan agar tidak monoton dan pemain tidak cepat bosan dalam melakukan latihan kelincahan.

Produk berupa pengembangan model latihan kelincahan menggunakan media lampu dan keset warna untuk pemain bulutangkis di PB Prospek Surya Naga dan Tiga Berlian Malang yang diharapkan menarik minat, semangat dan motivasi pemain dalam melakukan latihan kelincahan serta dapat dijadikan alternatif variasi latihan kelincahan untuk pelatih dalam memberikan latihan untuk pemain bulutangkis PB Prospek Surya Naga dan Tiga Berlian Malang.

Metode pengembangan dalam penelitian menggunakan model prosedural dan prosedur penelitian mengacu  dari Borg and Gall. Angket kuesioner terbuka dan tertutup digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Angket kuesioner diberikan kepada 1 ahli bulutangkis, 1 pelatih bulutangkis dan 1 ahli media, 6 subjek dari uji coba kelompok kecil terhadap pemain PB Tiga Berlian Malang dan 25 subjek dari uji kelompok besar terhadap pemain PB Prospek Surya Naga Malang.

Hasil tinjauan para ahli, dari ahli bulutangkis dan pelatih bulutangkis  menyatakan bahwa secara keseluruhan sudah bagus, namun harus lebih memperhatikan prinsip-prinsip latihan, durasi dan porsi latihan harus menyesuaikan tingkat kemampuan serta keterampilan pemain dan langkah serta gerakan pemain harus sesuai dengan situasi permainan sesungguhnya. Tinjauan ahli media yaitu sinopsis pada cover belakang harus ditambah agar tidak ada ruang kosong, setelah kata pengantar diberi judul buku, dan tata bahasa perlu diperbaiki. Untuk uji coba kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh kriteria yaitu 79,76% sehingga model latihan kelincahan menggunakan media lampu dan keset warna ini layak dan dapat digunakan.

Pada penelitian dan pengembangan ini hanya terbatas pada pengembangan produk. Maka peneliti menyarankan agar dilakukan penelitian selanjutnya yang menguji keefektifan produk yang dikembangkan.