SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok untuk siswa kelasVII di SMPN 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan

mochamad taufiq hidayat

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan observasi dan wawancara kepada guru pendidikan jasmanitanggal 7 November 2013 yang dilakukan di SMPN 1 Purwosari KabupatenPasuruan, materi lompat jauh gaya jongkok diajarkan kepada siswa  kelas VII,pembelajaran lompat jauh gaya jongkok  kecenderungan  siswa mengalamihambatan  dan  antusiasan  siswa  kurang  pada  pembelajaran  lompat  jauh  gayajongkok,  terbukti siswa menyatakan 60% mengalami hambatan padapembelajaran lompat jauh gaya jongkok,  kesesuian  pembelajaran  lompat  jauhgaya jongkok 48,3%,  dan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok belum pernahdikembangkan oleh guru dan guru hanya berfokus kepada hasil nilai.

Tujuan  penelitian  ini  adalah mengembangkan  pembelajaran  lompat  jauhgaya  jongkok  bagi  siswa  kelas VII dan SMP Negeri 1 Purwosari, sehinggapengembangan  pembelajaran  tersebut  dapat  digunakan  untuk membantu prosespembelajaran  lompat  jauh  gaya  jongkok.  Dengan  adanya  pengembanganpembelajaran lompat jauh gaya jongkok, diharapkan  siswa  lebih  antusias,tertantang  dan  bisa  membantu  siswa  untuk  membentuk  keterampilan  geraklompat jauh gaya jongkok pada pembelajaran lompat jauh gaya jongkok..

Metode yang digunakan dalam penelitian ini  yaitu  pengembangan  atauresearch and development  BorgdanGall. Dari sepuluh langkah pengembanganyang dikemukakan oleh BorgdanGall, peneliti tidak menggunakan keseluruhantetapi hanya menggunakan 7 langkah saja. (1) pengumpulan informasi, (2)rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi I, (5) uji coba tahap I, (6)revisi II dan uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yangdigunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebarankuesioner, (8) produk di kemas  dalam  bentuk  buku  panduan  dengan  dominanbuku berwarna hitam.

Berdasarkan hasil  justifikasi, 2 ahli pembelajaran 82% dan 2 ahli atletik77,1% serta analisis data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil adalah 79%hasilnya dikatakan valid, sedangkan uji coba kelompok besar adalah 80% hasilnyadikatakanvalid,  dengan  demikian  dapat disimpulkan bahwa  pengembanganpembelajaran lompat jauh gaya jongkok dapat diterapkan untuk siswa kelas VII diSMPN 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan. Spesifikasi produk yang dihasilkan yaitupermainan  lompat  jauh gaya  jongkok. Dalam setiap permainan lompat jauh gayajongkok terdapat unsur teknik lompat jauh gaya jongkok. Lintasan  permainansetiap  regu  dipisah  dan  menggunakan  system  permainan  kompetisi agar siswasenang serta permainan ini mudah untuk dilakukan oleh siswa SMP.