SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Alat Evaluasi Teknik Dasar Sepakbola untuk Anak Usia 9-11 Tahun di Sekolah Sepakbola Indonesia Muda Blitar

Abdil Aziz

Abstrak


ABSTRAK

Aziz, Abdil. 2014. Pengembangan Alat Evaluasi Teknik Dasar Sepakbola untuk Anak Usia 9-11 tahun di Sekolah Sepakbola Indonesia Muda Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Drs. Heru Widijoto, M. S., Pembimbing (II): Drs. Mu’arifin, M. Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, alat evaluasi teknik dasar sepakbola

Permasalahan yang ditemukan berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti dengan pelatih Sekolah Sepakbola Indonesia Muda Kota Blitar pada tanggal 13 juli 2013. Menurut pelatih di Sekolah tersebut di sepakbola Indonesia dan kebanyakan sekolah sepakbola yang ada di Blitar belum menerapkan tes, pengukuran dan penilaian. Serta observasi untuk mengecek teknik paling menonjol atau perannya vital pada permaninan anak usia 9-11 tahun. Pada observasi menunjukkan bahwa terdapat 3 teknik dasar yaitu; dribbling, passing dan shooting.

Spesifikasi produk pengembangan alat evaluasi teknik dasar sepakbola merupakan tes dan pengukuran berupa tiga teknik dasar passing, dribbling dan shooting. Alat evaluasi passing pantul yeagley merupakan adaptasi dari tes sesungguhnya yang sudah dikembangkan. Passing bergerak (dinamik) menerapkan sasaran untuk memperoleh skor. Dribbling menggunakan alur berbentuk lintasan 3 sisi dari persegi. Teknik shooting menggunakan teknik dinamik berupa shooting dengan awalan bola bergerak. Produk berupa modifikasi tes yang sudah teruji.

Pengembangan alat evaluasi teknik dasar sepakbola ini menggunakan prosedural model pengembangan Barg and Gall (1983:775) yang dimodifikasi dengan prosedur pengembangan oleh peneliti sebagai berikut: (1) analisis produk: observasi lapangan, wawancara, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi ahli dan revisi produk, (4) uji coba tahap I (kelompok kecil), (5) revisi produk uji coba, (6) uji coba tahap II (kelompok besar), (7) revisi produk uji coba tahap II.

Hasil pengembangan Pengembangan Alat Evaluasi Teknik Dasar Sepakbola untuk Anak Usia 9-11 tahun di Sekolah Sepakbola Indonesia Muda Kota Blitar. Dari data uji coba lapangan menghasilkan data yang selanjutnya digunakan untuk menentukan reliabiltas dan validitas, dengan cara mengkorelasikan tes dengan tes ulang menghasilkan reliabilitas dan mengkorelasikan tes dengan hasil juri mengshilkan validitas. Pada alat evaluasi sepakbola teknik berangkaian passing, dribbling dan shooting berdasarkan perolehan skor shooting memenuhi kriteria average berdasarkan koefisien reliabilitas menunjukkan angka 0,773 dan kriteria high untuk perolehan waktu dengan koefisien reliabilitas menunjukkan angka 0,814. analisis interkorelasi menggunakan analisis Doolittle menghasilkan koefisien korelasi beta r0.1234= 0,8114. Pada proses menentukan validitas produk kriteria juri yang berjumlah 2 orang menghasilkan koefisien korelasi validitas r hitung 0,471> r tabel α 0,05 sebesar 0,396. Sehingga valid dapat digunakan dan diterapkan sebagai alat evaluasi teknik dasar sepakbola untuk anak usia 9-11 tahun di SSB Indonesia Muda Kota Blitar.