SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU TENTANG SIGNAL-SIGNAL WASIT FUTSAL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMKN 6 KOTA MALANG

Valentino Hary

Abstrak


ABSTRAK

 

Hary, Valentino. 2014. Pengembangan Media Buku Saku tentang Signal-SignalWasit Futsal pada Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal SMKN 6 Kota Malang.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas IlmuKeolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. LokanantaTeguh Hari Wiguno, M.Kes. (2) Drs. Heru Widijoto, M.S.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Buku Saku, Signal Wasit Futsal.

Wasit adalah seseorang yang memimpin jalannya pertandingan mulai dariawal hingga berakhirnya suatu pertandingan. Syarat untuk menjadi seorang wasitfutsal yang terampil dan profesional seorang wasit harus memenuhi kriteriasebagai berikut: (1) Sehat jasmani dan rohani, (2) Memiliki sikap adil dan objektifdalam mengambil keputusan, (3) Menguasai peraturan-peraturan perwasitanfutsal, (4) Menguasai isyarat-isyarat/signal-signal perwasitan futsal. Isyarat-isyarat/signal-signal wasit futsal merupakan salah satu materi yang akanditerapkan untuk ekstrakurikuler di SMKN 6 Kota Malang guna memperkenalkanmateri baru dengan sasaran anak siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Berdasarkandata analisis kebutuhan diketahui bahwa, media yang dipilih oleh siswaekstrakurikuler yaitu media pembelajaran tentang signal-signal wasit futsal yangdikemas dalam bentuk buku saku.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media buku sakutentang signal-signal perwasitan futsal pada kegiatan ekstrakurikuler futsal diSMKN 6 Kota Malang dengan harapan agar siswa antusias dalam mempelajarisignal-signal perwasitan futsal sehingga apabila belajar untuk ranah psikomotordalam keterampilan melakukan permainan futsal ditunjang dengan ranah kognitifberupa pengetahuan tentang signal-signal perwasitan futsal, maka hasil dariketerampilan futsal akan lebih maksimal.

  Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah dari 10langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall untuk pengembangan media bukusaku signal wasit sebagai berikut: 1) Riset dan pengumpulan informasi dalammelakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan menyebarkankuesioner kepada 37 siswa ekstrakurikuler futsal SMKN 6 Kota Malang, (2)Perencanaan pengembangan produk, (3) Pengembangan rancangan produk, (4)Persiapan uji coba kelompok kecil, menggunakan 9 subjek, (5) Revisi produkpertama berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, (6) Uji coba lapangan(kelompok besar) menggunakan 30 subjek, (7) Revisi produk sesuai hasil uji cobakelompok besar.

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap 37 siswa yangmengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMKN 6 Kota Malang melaluipengisisan angket, ditemukan 86% menyatakan kadang mengerti dan kadang tidakmengerti terhadap signal-signal wasit, dan 100%  ingin belajar menguasai signal-signal perwasitan futsal. 100% setuju jika materi signal-signal perwasitan futsaldiajarkan pada kegiatan ekstrakurikuler, sedangkan 94,58% menyatakan bukukecil atau buku saku yang bergambar serta berwarna tentang signal-signalperwasitan futsal merupakan media yang menarik untuk kegiatan ekstrakurikulerfutsal.

Dari hasil analisis validasi ahli kepelatihan futsal diperoleh hasil 76%, ahlimedia 79% dan ahli wasit futsal 75% maka produk pengembangan media bukusaku tentang signal-signal wasit futsal layak diuji cobakan  sebagai mediapembelajaran pada kegiatan ektrakurikuler di SMKN 6 Kota Malang. Dari hasilanalisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata 90% dan padauji coba kelompok besar diperoleh persentase rata-rata 88,5% sehingga dapatdisimpulkan bahwa media buku saku tentang signal-signal wasit futsal padakegiatan ekstrakurikuler futsal di SMKN 6 Kota Malang sangat jelas dan menarikuntuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar.

Hasil pengembangan ini adalah pengembangan media buku saku tentangsignal-signal wasit futsal pada kegiatan ektrakurikuler. Hasil pengembangannyayaitu: (1) buku saku yang dikembangkan merupakan media pembelajaran yangdituangkan pada bahan ajar cetak berukuran 12 cm x 8 cm, yang dicetak padakertas art paper 210 gram untuk cover (berlaminasi),dan 150 gram untuk isimateri, (2) isi buku saku berjumlah 37 lembar, (3) buku saku berisi istilah-istilahperwasitan futsal, penjelasan singkat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia,disertai gambar pada setiap signal wasit sehingga diharapkan membantu siswadalam pemahaman materi, (4) gambar model dalam buku saku adalah gambarberwarna agar siswa tertarik untuk belajar, (5) buku saku yang dikembangkandijilid menggunakan ring.