SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan “Gobak Bola” dalam Pembelajaran Lempar Tangkap Bolabasket untuk Kelas 5 di SD Negeri Mojokerep Kabupaten Kediri

Oktavia Ardiya Utami

Abstrak


ABSTRAK
Utami, Oktavia Ardiya. 2014. Pengembangan Permainan “Gobak Bola” dalam Pembelajaran Lempar Tangkap Bolabasket untuk Kelas 5 di SD Negeri Mojokerep Kabupaten Kediri. Pembimbing: (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

Kata Kunci: permainan “Gobak Bola”, lempar tangkap bolabasket

Berdasarkan pada hasil analisis  kebutuhan kepada Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD Negeri Mojokerep Kabupaten Kediri pada tanggal 25 November 2013, pada pembelajaran lempar tangkap bolabasket guru tidak pernah memberikan materi maupun model permainan dikarenakan siswa kurang aktif, merasa bosan, merasa sakit, dan sarana prasarana yang ada tidak memadai. Sedangkan berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan dengan penyebaran 40 angket secara acak kepada 20 siswa kelas 5a dan 20 siswa kelas 5b di SD Negeri Mojokerep Kabupaten Kediri, diperoleh hasil 33 siswa belum pernah mendapat model-model permainan pada pembelajaran teknik dasar lempar tangkap bolabasket, dan 40 siswa senang saat diajarkan materi lempar tangkap bolabasket.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan permainan “Gobak Bola” pada pembelajaran lempar tangkap bolabasket yang diharapkan dapat meningkatkan
keaktifan siswa dalam penguasaan teknik lempar tangkap pada materi bolabasket dan siswa lebih antusias dan senang dalam pembelajaran.
Penelitian yang dilaksanakan SD Negeri Mojokerep Kabupaten Kediri ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian pengembangan ini metode yang digunakan mengacu Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah kemudian dimodifikasi menurut teori dari Ardhana, dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.
Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 15 siswa diperoleh hasil persentase sebesar 88%, sehingga memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan pada uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok besar yang terdiri dari 25 siswa diperoleh hasil persentase sebesar 91%, sehingga memenuhi syarat kelayakan untuk produk akhir Pengembangan Permainan “Gobak Bola” dalam Pembelajaran Bolabasket untuk Kelas 5 di SD Negeri Mojokerep Kabupaten Kediri.
Produk yang akan dikembangkan adalah permainan “gobak bola” dalam pembelajaran lempar tangkap bolabasket. Pada dasarnya permainan “gobak bola” ini mengkombinasikan antara lapangan gobak sodor dengan pembelajaran bolabasket, yang kemudian dimodifikasi lagi. Pengembangan ini berisi 10 bentuk permainan dalam pembelajaran lempar tangkap bolabasket. Diharapkan hasil produk pengembangan ini dapat membantu siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran bolabasket dan lebih dikembangkan lagi supaya mudah, variatif, serta dalam penyebarluasan produk pengembangan ke sasaran yang lebih luas.