SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU TENTANG SIGNAL-SIGNAL WASIT FUTSAL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMKN 6 KOTA MALANG

Valentino Hary

Abstrak


Hary, Valentino. 2014. Pengembangan Media Buku Saku tentang Signal-Signal Wasit Futsal pada Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal SMKN 6 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Lokananta Teguh Hari Wiguno, M.Kes. (2) Drs. Heru Widijoto, M.S.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Buku Saku, Signal Wasit Futsal.

Wasit adalah seseorang yang memimpin jalannya pertandingan mulai dari awal hingga berakhirnya suatu pertandingan. Syarat untuk menjadi seorang wasit futsal yang terampil dan profesional seorang wasit harus memenuhi kriteria sebagai berikut: (1) Sehat jasmani dan rohani, (2) Memiliki sikap adil dan objektif dalam mengambil keputusan, (3) Menguasai peraturan-peraturan perwasitan futsal, (4) Menguasai isyarat-isyarat/signal-signal perwasitan futsal. Isyarat-isyarat/signal-signal wasit futsal merupakan salah satu materi yang akan diterapkan untuk ekstrakurikuler di SMKN 6 Kota Malang guna memperkenalkan materi baru dengan sasaran anak siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Berdasarkan data analisis kebutuhan diketahui bahwa, media yang dipilih oleh siswa ekstrakurikuler yaitu media pembelajaran tentang signal-signal wasit futsal yang dikemas dalam bentuk buku saku.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media buku saku tentang signal-signal perwasitan futsal pada kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMKN 6 Kota Malang dengan harapan agar siswa antusias dalam mempelajari signal-signal perwasitan futsal sehingga apabila belajar untuk ranah psikomotor dalam keterampilan melakukan permainan futsal ditunjang dengan ranah kognitif berupa pengetahuan tentang signal-signal perwasitan futsal, maka hasil dari keterampilan futsal akan lebih maksimal.

Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall untuk pengembangan media buku saku signal wasit sebagai berikut: 1) Riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan menyebarkan kuesioner kepada 37 siswa ekstrakurikuler futsal SMKN 6 Kota Malang, (2) Perencanaan pengembangan produk, (3) Pengembangan rancangan produk, (4) Persiapan uji coba kelompok kecil, menggunakan 9 subjek, (5) Revisi produk pertama berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, (6) Uji coba lapangan (kelompok besar) menggunakan 30 subjek, (7) Revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar.

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap 37 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMKN 6 Kota Malang melalui pengisisan angket, ditemukan 86% menyatakan kadang mengerti dan kadang tidak mengerti terhadap signal-signal wasit, dan 100% ingin belajar menguasai signal-signal perwasitan futsal. 100% setuju jika materi signal-signal perwasitan futsal diajarkan pada kegiatan ekstrakurikuler, sedangkan 94,58% menyatakan buku kecil atau buku saku yang bergambar serta berwarna tentang signal-signal

perwasitan futsal merupakan media yang menarik untuk kegiatan ekstrakurikuler futsal.

Dari hasil analisis validasi ahli kepelatihan futsal diperoleh hasil 76%, ahli media 79% dan ahli wasit futsal 75% maka produk pengembangan media buku saku tentang signal-signal wasit futsal layak diuji cobakan sebagai media pembelajaran pada kegiatan ektrakurikuler di SMKN 6 Kota Malang. Dari hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata 90% dan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase rata-rata 88,5% sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku saku tentang signal-signal wasit futsal pada kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMKN 6 Kota Malang sangat jelas dan menarik untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar.

Hasil pengembangan ini adalah pengembangan media buku saku tentang signal-signal wasit futsal pada kegiatan ektrakurikuler. Hasil pengembangannya yaitu: (1) buku saku yang dikembangkan merupakan media pembelajaran yang dituangkan pada bahan ajar cetak berukuran 12 cm x 8 cm, yang dicetak pada kertas art paper 210 gram untuk cover (berlaminasi),dan 150 gram untuk isi materi, (2) isi buku saku berjumlah 37 lembar, (3) buku saku berisi istilah-istilah perwasitan futsal, penjelasan singkat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, disertai gambar pada setiap signal wasit sehingga diharapkan membantu siswa dalam pemahaman materi, (4) gambar model dalam buku saku adalah gambar berwarna agar siswa tertarik untuk belajar, (5) buku saku yang dikembangkan dijilid menggunakan ring.