SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN PENGENALAN AIR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO BAGI PESERTA USIA PEMULA EKSTRAKURIKULER RENANG DI SD ANAK SALEH KOTA MALANG

Slamet Yulianto

Abstrak


ABSTRAK


Yulianto, Slamet. 2014. Pengembangan Model Latihan Pengenalan Air Menggunakan Media Video Bagi Peserta Usia Pemula Ekstrakurikuler Renang di SD Anak Saleh Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd., (II) dr. Agung Kurniawan, M.Kes.

Kata Kunci: Pengembangan, latihan, renang, pengenalan air, video.


Renang merupakan salah satu cabang olahraga yang ada dalam kompetensi dasar kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI. Pada jenjang sekolah dasar materi yang diajarkan berupa pembelajaran teknik dasar renang meliputi permainan air, keselamatan di air, keterampilan bergerak di air, dan renang. Namun pada kenyataannya proses penerapan di SD Anak Saleh materi renang hanya diberikan dalam bentuk ekstrakurikuler dan siswa mengalami keterlambatan pencapaian kompetensi materi renang. Hal tersebut dapat diketahui berdasarkan hasil observasai awal di lapangan, siswa kelas III, IV dan V masih diberikan dan hanya menguasai teknik dasar pengenalan air dan meluncur gaya bebas saja, padahal seharusnya sesuai kurikulum untuk anak SD/MI kelas III, IV, V dan VI sudah diberikan materi keterampilan renang gaya dada atau gaya bebas. Permasalahan tersebut terjadi karena guru/pelatih serta siswa belum mempunyai sumber belajar berupa buku, video atau media lain materi renang yang dapat dipelajari sendiri di luar jam latihan ekstrakurikuler sehingga materi yang dikuasai terbatas. Berdasakan hal tersebut, maka diperlukan sumber dan media pembelajaran mengenai teori dasar belajar berenang dan model latihan pengenalan air.
Tujuan penelitian ini, dengan model latihan pengenalan air yang bervariasi dan menyenangkan berbentuk permainan yang dikemas dalam video dapat dijadikan sumber dan media belajar oleh peserta dan pelatih, sehingga tujuan ekstrakurikuler renang SD Anak Saleh untuk mencapai kompetensi dasar dalam kurikulum dapat terpenuhi.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan yang mengacu pada teori Research and Development Borg dan Gall yang telah dimodifikasi disesauikan dengan keadaan di lapangan mengacu teori Ardhana. Jenis data yang berupa data kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif baik kualitatif maupun kuantitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari observasi awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, dan uji coba produk.
Berdasarkan uji coba lapangan (uji coba kelompok besar) diperoleh dari presentase rata-rata 84%. Sehingga seluruh aspek dalam pengembangan model latihan pengenalan air menggunakn media video ini telah memenuhi kriteria kualitas produk menurut Akbar dan Sriwiyana 75,1%─100% yang bermakna “Sangat Valid (dapat digunkan tanpa revisi)”. Hasil pengembangan ini hanya terbatas pada pengembangan produk, maka diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tingkat efektivitas produk dengan uji coba pada lingkup yang lebih luas.