SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN TEKNIK DASAR TEMBAKAN (SHOOTING) DALAM PERMAINAN BOLABASKET MELALUI MEDIA BUKU POP-UP DI EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 17 MALANG

Sony Nirayudha

Abstrak


ABSTRAK

Nirayudha, Sony. 2014. Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Tembakan (Shooting) dalam Permainan Bolabasket Melalui Media Buku Pop-Up di Ekstrakurikuler SMP Negeri 17 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes, (II) Usman Wahyudi, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: pengembangan, buku pop-up model latihan tembakan, bolabasket.

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan melalui pengisian angket yang disebarkan kepada responden dalam hal ini pelatih dan semua siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket di SMP 17 Malang khususnya teknik dasar tembakan (shooting) bolabasket, diketahui kurangnya variasi saat latihan serta belum pernah mendapat model latihan teknik dasar tembakan (shooting) dalam bentuk buku pop-up.

Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan buku pop-up model latihan teknik dasar tembakan (shooting) bolabasket di ekstrakurikuler SMP 17 Malang dan membantu mengurangi kesulitan yang dialami oleh siswa-siswi saat mengikuti ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 17 Malang.

Dalam pengembangan ini, peneliti merujuk model pengembangan research and development dari Borg dan Gall (1983:775) yang terdiri dari sepuluh langkah, yaitu: (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi (kajian pustaka dan observasi lapangan), (2) Mengembangkan bentuk produk awal (penyiapan materi, buku petunjuk yang akan digukanan dan perlengkapan evaluasi), (3) Melakukan uji lapangan permulaan, menggunakan 1 sekolah dengan 7 subjek, (4) Revisi produk pertama (sesuai dengan saran-saran dari tinjauan para ahli pada uji lapangan permulaan), (5) Uji coba lapangan utama (dilakukan pada 1 sekolah dengan 30 subjek, meggunakan teknik kuisioner lalu dianalisis hasilnya), (6) Melakukan revisi produk (berdasarkan dari saran-saran dan hasil uji coba lapangan utama), (7) Hasil akhir produk pengembangan yang dihasilkan oleh uji coba lapangan.

Hasil penilaian atau evaluasi model latihan ini yaitu sebagai berikut dari hasil ahli permainan bolabasket yaitu 96% (sangat baik), dari hasil ahli kepelatihan bolabasket 91% (sangat baik), dari hasil ahli media 70% (baik), dari hasil uji coba (kelompok kecil) 92% (sangat baik) dan dari hasil uji coba lapangan (kelompok besar) 98.4% (sangat baik).

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan model latihan teknik dasar tembakan (shooting) dalam permainan bolabasket melalui media buku pop-up ini mudah untuk dipahami dan dengan adanya produk ini dapat menambah pengetahuan baru tentang teknik dasar tembakan (shooting) bolabasket. Sedangkan kelemahan produk ini yaitu hanya ada model latihan teknik dasar tembakan (shooting) bolabasket.