SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Variasi Latihan Dasar Passing dan Control Dalam Permainan Sepakbola Untuk Usia 13-14 Tahun Di SSB Gajayana Kota Malang

Akhmad Anwar

Abstrak


ABSTRAK

Anwar, Akhmad. 2014. Pengembangan Variasi Latihan Dasar Passing dan Control dalam Permainan Sepakbola Untuk Usia 13-14 Tahun Di SSB Gajayana Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Eko Hariyanto, M. Pd (2) I Nengah Sudjana, S.Pd, M. Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, latihan, sepakbola, passing, control.

 

Permainan sepakbola merupakan gabungan dari beberapa teknik individu dan tim yang menyatu dalam sebuah kerjasama keseluruhan. Passing dan control merupakan teknik dasar yang sangat penting sekali dalam sebuah permainan sepakbola. Tetapi seringkali pelatih kurang memberikan variasi latihan dasar passing dan control sehingga kemampuan passing dan control pemain kurang baik. Oleh sebab itu, perlu adanya variasi latihan dasar passing dan control agar semakin berkembang kemampuan pemain dalam bermain sepakbola.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan variasi latihan dasar passing dan control untuk usia 13-14 tahun di SSB Gajayana Kota Malang yang dapat memberikan banyak variasi dalam melakukan latihan dasar passing dan control, sehingga teknik passing dan control siswa akan lebih baik.

            Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development dari Borg and Gall (1983:775). Tapi hanya 9 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan variasi latihan passing dan control dalam permainan sepakbola ditambah dengan uji efektivitas dari produk pengembangan, adapun langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut. (1) kajian pustaka, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi produk dari evaluasi para ahli, (5) uji coba kelompok kecil, (6) revisi produk awal berdasarkan evaluasi para ahli dan kegiatan uji coba kelompok kecil, (7) uji coba kelompok besar, (8) revisi produk akhir, (9) hasil akhir produk.

Berdasarkan uji coba kelompok kecil yang diikuti 10 siswa usia 13-14 tahun SSB Gajayana Kota Malang didapat hasil 88.17% dan uji coba kelompok besar yang diikuti 25 siswa didapat hasil 89,33%, kedua uji coba tersebut dalam kategori baik sekali. Untuk uji efektivitas, peneliti mengadakan tes awal kemampuan siswa dalam passing dan control bola, kemudian siswa diberi treathment atau perlakuan dengan pemberian materi isi dari produk ini yakni variasi latihan dasar passing dan control dalam permainan sepakbola, dan yang terakhir siswa dites akhir. Dari data uji efektivitas didapat hasil t-hitung  559,72 > t-tabel 1% = 2,704 dengan d.b 34, tingkat signifikansinya tinggi.

Dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan variasi latihan dasar passing dan control dalam permainan sepakbola ini dapat digunakan untuk usia 13-14 tahun di SSB Gajayana Kota Malang dan untuk perbaikan pengembangan variasi latihan dasar passing dan control dalam permainan sepakbola ini disarankan agar perlu adanya tindak lanjut oleh peneliti lain sesuai dengan pengembangan ini, dengan maksud untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada pengembangan ini, sehingga hasil pengembangan ini dapat dimanfaatkan dengan baik.