SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Pola Penyerangan Dalam Permainan Sepakbola Untuk Siswa Usia 17 Tahun di SSB Palupi Kabupaten Mojokerto

Eka Navy Nurfauzi

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurfauzi, Eka, Navy. 2014.Pengembangan model latihanpolapenyerangandalampermainansepakbolauntukusia 17 tahun di SSBPalupiMojokertoSkripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E Winarno, M. Pd, (2) Drs. Heru Widijoto, M.S

 

Kata Kunci: penelitian pengembangan,sepakbola, latihan,menyerang.

 

            Sepakbola merupakan suatu cabang olahraga beregu yang berangotakan 11 pemain termasuk 1 orang sebgai kiper. Teknikdasarsepakbolaharusdikuasaiolehpemainsepakbola, selainteknikdasarsepakbolatersebut, seorangpemainsepakbolaharusmemilikisuatustrategidalampertandingan, strategitersebuttidakhanyamenyerangtetapijugabertahan.Akan tetapi, strategimenyeranginikurangmendapatkanperhatiandalamlatihan. Di SSB Palupi Kabupaten Mojokerto, model latihanmenyerangmemangsudahada, halinidiketahuiolehpenelitipadasaatmelaksanakanobservasidanwawancara di SSB Palupi Kabupaten Mojokerto, akantetapi  modellatihanmenyerang yang diberikanpadasiswakurangbervariatif (monoton). Hal inimembuatsiswamerasabosandengan model latihanmenyerangtersebut, bahkansiswatidaktahu model latihanmenyerang yang diberikanolehpelatihnya.Denganmelakukanpenelitianawal yang menggunakananalisiskebutuhansiswadanpelatih, penelitidapatmenyimpulkanbahwa di SSB Palupi Kabupaten Mojokertoperluadanyapengembangan model latihanpola penyerangan .

Penelitianinidilaksanakandengantujuanmengembangkanmodellatihanmenyerangyang bervariatif, sehingga diharapkandapatmeningkatkansemangatuntukberlatihdanmenjaditambahanvariasimodellatihanpola penyerangan  di SSB Palupi Kabupaten Mojokerto.

Metode yang digunakandalampenelitianinimengacupada model pengembanganresearch and developmentdari Borg and Gall.Dari 10langkahpengembangan yang dikemukakandari Borg and Gall, penelitimenggunakan 7 langkahsaja.(1)pengumpulaninformasi,  (2) rancanganprodukawal, (3) evaluasiahli,(4) revisi I, (5) ujicobatahap I, (6) revisi II danujicobatahap II, (7) revisidanprodukakhir. Analisis data yang digunakanadalahkuantitatifdankualitatif yang diperolehdarihasilpenyebarankuesioner.

Berdasarkan hasilanalisis data yang diperolehdarihasil analisis kebutuhan 70% siswa mengatakan perlu adanya pengembangan pola penyerangan dan dari hasil ujicobakelompokkeciladalah 86,9% hasilnya valid, sedangkanujicobakelompokbesaradalah88,73 %hasilnyaadalah valid, dengandemikiandapatdisimpulkanbahwa model latihantersebutdapatditerapkan di SSB Palupi Kabupaten Mojokerto.

Hasilprodukpengembanganmodel latihan di SSB Palupi antara lain: (1) latihan dalam buku panduan sesuai dengan siswa usia 17 tahun di SSB Palupi Mojokerto, (2) tampilan model latihan dalam bukupanduanterdapatgambar-gambar yang menunjukkan proses sehinggamemudahkanbagipembacadalammemahamimodel latihan.