SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Materi Pokok Makanan dan Minuman Sehat Menggunakan E-Bookuntuk Siswa Kelas X SMK

Fajar Kusumoningrad

Abstrak


ABSTRAK

Kusumoningrad, Fajar. 2014. Pengembangan Pembelajaran Materi Pokok Makanan dan Minuman Sehat Menggunakan E-Bookuntuk Siswa Kelas X SMK. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.
Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran, Makanan dan Minuman Sehat, E-Book.
Proses belajar mengajar adalah suatu komunikasi, yaitu proses  penyampaian informasi antara guru dan siswa dalam suatu kondisi pembelajaran. Ada banyak metode untuk menyampaikan informasi kepada siswa, salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Dengan media pembelajaran siswa diharapkan dapat mudah memahami materi pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan pembelajaran materi pokok makanan dan minuman sehat menggunakan E-Bookuntuk siswa kelas X SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan dari Borg dan Gall. Dari 10 langkah yang dikemukakan peneliti hanya mengambil sampai langkah ke 7 saja, meliputi: (1) melakukan perencanaan penelitian, (2) menyusun produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi produk pertama, (5) uji coba kelompok kecil, (6) revisi produk kedua, (7) uji coba kelompok besar, (8) produk akhir berupaE-Book.
Berdasarkan data dari 3 ahli diperoleh saranperbaikan produk sebagai berikut: penggunaan gambar yang sesuai dengan konsep akan memberi kemudahan kepada siswa dalam memahami isi materi ajar, gambar animasi pada E-Book diganti dengan gambar asli, tambahkan kelebihan dan kekurangan mengkonsumsi zat gizi, asam lemak esensial ditemukan pada bahan makanan jenis apa saja, cara menjaga, menambah dan menurunkan berat badan ideal, buku panduan diubah menjadi seperti leaflet, kata maju pada pembuka E-Book diganti menjadi buka, perpindahan slide otomatis pada bagian pembuka dihilangkan, animasi kalimat perintah untuk memilih menu pada home diperbaiki, warna tampilan tiap menu disesuaikan dengan warna button, kata “iya” pada tombol exit diganti menjadi “ya”, beberapa soal pada kuis perlu penambahan gambar. Dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh data sebesar 73,64% yang berarti data dinyatakan cukup valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil, pada uji coba kelompok besar diperoleh data sebesar 85,37% yang berarti data cukup valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil. Dengan demikian E-Bookdapat dipergunakan untuk pembelajaran setelah dilakukan revisi kecil berdasarkan data yang diperoleh selama melakukan uji coba penelitian.
Hasil produk pengembangan berupa pembelajaran menggunakan E-Bookmempunyai kelebihan sebagai berikut: (1) mudah untuk dipelajari dan dipahami karena dilengkapi tombol-tombol menu dan gambar penjelas pada setiap materi, (2) praktis untuk digunakan karena berupa soft file, (3) siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran karena kemasan E-Bookyang menarik.
Pengembangan pembelajaran menggunakan E-Bookini diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi makanan dan minuman sehat kepada siswa dengan metode pembelajaran yang lebih menarik.