SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Passing Atas Bolavoli Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi Untuk Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 11 Malang

Tiara Nuzul Kurnia Rahmadani

Abstrak


ABSTRAK

Rahmadani, Tiara, Nuzul Kurnia. 2014. Pengembangan Pembelajaran Passing Atas Bolavoli Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi Untuk Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 11 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. E Winarno, M. Pd, (2) Drs. Agus Tomi M. Pd.

Keyword : Pengembangan, Pembelajaran Passing Atas Bolavoli, Gaya Mengajar Inklusi.

    Mata pelajaran pendidikan jasmani disekolah masih menggunakan gaya mengajar komando yaitu gaya mengajar yang  masih terpusat pada guru. Dari pembelajaran ini siswa tidak diberi kesempatan untuk berlatih pada tingkat kemampuan mereka sendiri. Untuk itu diperlukan suatu gaya mengajar sesuai dengan keterampilan yang dimiliki siswa. Gaya mengajar inklusi memberikan kesempatan kepada siswa untuk memulai latihan pada tingkat kemampuan sendiri serta dapat menilai dirinya sendiri sehingga membuat pembelajaran pendidikan jasmani semakin diminati oleh siswa.
    Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan materi pembelajaran passing atas bolavoli menggunakan gaya mengajar inklusi untuk siswa kelas X TKR SMK Negeri 11 Malang. dengan harapan agar siswa antusias dalam mempelajari passing atas bolavoli menggunakan gaya mengajar inklusi sehingga apabila belajar untuk ranah psikomotor dalam keterampilan melakukan passing atas bolavoli ditunjang dengan ranah kognitif berupa pengetahuan tentang pembelajaran passing atas bolavoli menggunakan gaya mengajar inklusi, maka hasil dari pembelajaran passing atas bolavoli akan lebih maksimal.
    Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall untuk pengembangan pembelajaran passing atas bolavoli menggunakan gaya mengajar inklusi sebagai berikut: (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi termasuk kajian pustaka dan analisis kebutuhan, (2) Mengembangkan bentuk produk awal, (3) Evaluasi ahli dengan kualifikasi yaitu, ahli pembelajaran pendidikan jasmani, ahli bolavoli, dan uji coba (kelompok kecil), uji coba (kelompok besar), (4) Revisi produk awal (sesuai dari hasil evaluasi para ahli dan uji coba), (5) Uji coba lapangan, dengan menguji cobakan hasil revisi produk awal, (6) Revisi produk akhir (sesuai dari hasil uji lapangan), (7) Hasil akhir, produk pengembangan pembelajaran passing atas bolavoli menggunakan gaya mengajar inklusi untuk siswa kelas X TKR SMK Negeri 11 Malang.
    Hasil penelitian pengembangan ini adalah pengembangan pembelajaran passing atas bolavoli menggunakan gaya mengajar inklusi untuk siswa kelas X TKR SMK Negeri 11 Malang sebagai berikut: ahli pembelajaran pendidikan jasmani memberikan hasil penilaian dengan hasil persentase makna sangat kuat, dari ahli bolavoli memberikan hasil penilaian dengan hasil persentase makna sangat kuat, dari uji coba (kelompok kecil) siswa mengawali : level I yaitu 80,3% (baik), level II yaitu 86,8% (baik), level III yaitu 89,1% (baik), level IV yaitu 82,1(baik), dan uji coba (kelompok besar ) siswa yang mengawali : level I yaitu 80,3 % (baik), level II yaitu 86,8 % (sangat baik), level III yaitu 89,1 (sangat baik), dan level IV yaitu 82,1% (baik).
    Pengembangan pembelajaran passing atas bolavoli menggunakan gaya mengajar inklusi ini menyenangkan dan mudah dilakukan siswa serta dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan keterampilan passing atas bolavoli. Penelitian lebih lanjut perlu dikembangkan guna mengetahui tingkat efektivitas produk pengembangan pembelajaran passing atas bolavoli menggunakan gaya mengajar inklusi ini .