SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Passing dan Controlling pada Permainan Futsal bagi Peserta Ekstrakurikuler Futsal Putri SMK Negeri 5 Malang

Asha Ikra Rinanta

Abstrak


ABSTRAK

 

Rinanta, Asha Ikra. 2014. Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Passing dan Controlling pada Permainan Futsal bagi Peserta Ekstrakurikuler Futsal Putri SMK Negeri 5 Malang. Skripsi, JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan, FakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd (II) Dr. Hariyoko, M.Pd

Kata Kunci:Model latihan, passing, controlling, futsal

Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 5 Malang, terhadap siswi putri yang mengikuti ekstrakurikuler futsal sebanyak 25 siswa, ternyata diperoleh data, siswi putri yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal kurangtermotivasidalammelakukanteknikdasarbermain futsal khususnyateknikpassingdancontrolling. Para peserta ekstrakurikuler seperti menjadi berkurang minat untuk mengikutiekstrakurikuler futsal. Peserta ekstrakurikuler menjadi berkurang dan sangat sedikit yang datang untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 5 Malang. Selain itu faktor lain kurangtermotivasinyaparapesertaadalahkarenametode yang diajarkanpelatihhampirselalusamadenganmetode-metode sebelumnya sehingga terkesan monoton.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model-model latihan teknik passing dan controlling futsal bagi siswa peserta ekstrakurikuler futsal putri di SMK Negeri 5 Malang.

Metode pengembangan yang digunakan peneliti adalah pengembangan Borg dan Gall yang di adaptasi menjadi lebih sederhana yaitu: (1) pengumpulan hasil observasi, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi 1, (5) uji coba kelompok kecil, (6) revisi II dan uji coba lapangan, (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner.

Hasil pengembangan berupa model latihan teknik passing dan controlling futsal yang disusun dalam bentuk buku panduan. Berdasarkan tinjauan dari 2 ahli futsal presentase menunjukkan 78,48 %, dari hasil tinjauan 2 ahli media presentase menunjukkan 83,33 %. Dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh presentase 87,41 %, sedangkan untuk uji coba kelompok besar diperoleh presentase 85,37 %. Dari hasil penelitian eksperimen dan perhitungan dengan program Statistical Package for the Social Sciences(SPSS) for Windows 16.0dapat diketahui kelompokeksperimen memiliki rata-rata pre-test 7,4, rata-rata post-test11,1.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk buku panduan model latihan passing dan controlling futsal ini layak digunakan sebagai panduan latihan ekstrakurikuler dan teruji efektivitasnya karena sudah diuji keefektifitasannya.