SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Gerak Dasar Jalan, Lari, dan Lompat Menggunakan Model-Model Permainan untuk Siswa Kelas 3 SDN Argosari 1 Jabung Kabupaten Malang.

Agus tunggal adi winarno

Abstrak


ABSTRAK
Winarno, Agus. Tunggal. Adi. 2014. Pengembangan Pembelajaran Gerak Dasar Jalan, Lari, dan Lompat Menggunakan Model-Model Permainan untuk Siswa Kelas 3 SDN Argosari 1 Jabung Kabupaten Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. M.E. Winarno, M.Pd, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd
Kata Kunci: Pembelajaran, Permainan, Jalan, Lari, dan Lompat
Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru pendidikan jasmani dan siswaSDN Agosari I Jabungpada tanggal 02 dan 05 desember 2013, pembelajaran jalan, lari dan lompat yang dilakukan belum pernah menggunakan pengembangan model-model permainan serta respon siswa terhadap materi jalan, lari dan lompat sangat kurang. Pada penelitian awal melalui wawancara terhadap guru pengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan menyatakan bahwa minat siswa sangat kurang terhadap materi jalan, lari dan lompat. Penyebaran angket terhadap 34siswa, diperoleh hasil 60,25%siswa menyatakan bahwa strategi pembelajaranyang dilakukan guru sesuai dan sisanyamenjawab tidak sesuai untuk materi jalan, lari dan lompat.Baik guru maupun siswa menyatakan kesetujuannya terhadap pengembangan yang dilakukan peneliti
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran gerak dasar jalan, lari, dan lompat menggunakan model-model permainan untuk siswa kelas 3 SDN Argosari 1 Jabung Kabupaten Malang.Diharapkan, pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam pembelajaran agar siswa lebih antusias dan senang dalam pembelajaran.Penelitian yang dilaksanakan di SDN Agosari I Jabung ini termasuk penelitian dan pengembangan (researchanddevelopment).
Penelitian dan pengembangan ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase dan analisis kualitatif. Teknik analisis kuantitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan teknik data analisis kualitatif diperoleh dari kritik dan saran para ahli.
Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalahmodel-model permainan untuk pembelajaran gerak dasar jalan, lari, dan lompat siswa kelas III SDN Argosari I Jabung dengan spesifikasi produk permainanmenarik untuk dilakukan siswa, permainan aman dilakukan oleh siswa, permainan mudah dilakukan oleh siswa, permainan tepat untuk siswa kelas III, serta permainan bermanfaat untuk siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil justifikasi 2 ahli pembelajaran 85,31% dan 2 ahli atletik sebesar 77,25% serta uji coba kelompok kecil sebesar 77,20% dan uji coba kelompok besar 80,07%, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan. Mengingat penelitian ini belum diketahui tentang tingkat keefektifannya maka peneliti menyarankan untuk dikaji ulang sebelum disebarluaskan dan di sesuaikan pada situasi dan kondisi yang ada.