SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Kombinasi Passing Dengan Lay up Untuk Tim Ekstrakurikuler Bolabasket MAN 2 Tulungagung

Zakaria Zakaria

Abstrak


ABSTRAK
Zakaria. 2013. Pengembangan Model Latihan Kombinasi Passing Dengan Lay up Untuk Tim Ekstrakurikuler Bolabasket MAN 2 Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Roesdiyanto, M.Kes, (II) Drs. Setyo Budiwanto, M.Kes

Kata Kunci: Model Latihan Kombinasi Passing Dengan Lay up

Permainan bolabasket merupakan permainan yang sudah tidak asing bagi banyak orang. Alasan banyak orang menyukai permainan bolabasket adalah karena permainan bolabasket sangat kompetitif, seru, menyenangkan, menghibur, dan menyehatkan bagi yang melakukannya. Salah satu teknik yang dibutuhkan dalam permainan bolabasket adalah passing dan lay up. Dari observasiawal yang telahdilakukanolehpenelitipadatanggal 10 – 14 Februari 2013 kepadatimekstrakurikulerbolabasket MAN 2 Tulungagungdiperoleh data sebagaiberikut: (1) Siswasangatantusiasdalammengikutikegiatanekstrakurikulerbolabasket. (2) Pelatihmelatihberdasarkanpengalamansaatmenjadipemain (3) Latihan yang sudahditerapkankurangefektifdilihatdarisegipenurunanprestasidalamkurunwaktu 3 tahunterakhir. (4) Pelatihkurangmelakukanlatihan-latihan yang menarik.
Penelitianinibertujuanuntukmenemukanjalankeluardaripermasalahan yang adayaitudenganmengembangkan model latihankombinasipassingdenganlay up. Diharapkanpengembanganinidapatmenjadisolusidalampelatihan agar siswa yang mengikutikegiatanekstrakurikulerlebihantusiasdanbersemangatdalammelaksanakanlatihanpassingdanlay up.
Penelitianinitermasukjenispenelitiandanpengembangan (research and development).Metode yang digunakandalampenelitianinimengacupadamodel pengembanganresearch and developmentdariBorddan Gall.Prosedurpenelitiandanpengembangandalampenelitianiniadalahsebagaiberikut: (1) Analisiskebutuhanmelaluiwawancaradanpenyebaranangket, (2) Pembuatanrancanganprodukberdasarkanhasilwawancaradanpenyebaranangket, (3) Produkawal (berupamodel latihanpassingdenganlay up) selanjutnyadievaluasiolehduaahlikepelatihanbolabasket, satuahlibolabasket, dankemudianmelakukanrevisiproduk, (4) Ujicobakelompokkecilpada 12 subjek, (5) Revisiproduksesuaidengananalisispadaujicobakelompokkecil, (6) Ujicobakelompokbesar yang dilakukanpada 30 subjek, (7) Melakukanrevisiuntukpenyempurnaanprodukakhir.
Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdidapathasilsebagaiberikut: analisiskebutuhanawaldiperoleh data 76,67 % sehinggadikategorikanbaik. Dari ahlibolabasket69.37sehingga di kategorikanbaik.Dari ahlikepelatihanbolabasket73,75sehingga di kategorikanbaik. Dari hasilujicobakelompokkecildiperoleh data 87,18 % sehinggadikategorikanbaiksekali. Dan padaujicobakelompokbesardiperoleh data 82,50 % dandapatdikategorikanbaiksekali.
Pengembanganinihasilnyaberupapengembangan model latihankombinasipassingdenganlay upberpengaruhterhadappeningkatankemampuanpassingdanlay upsiswa.