SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN PUKULAN SMASH FOREHAND UNTUK PESERTA EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA DI SDN I NGADIMULYO KABUPATEN PASURUAN

Badrus Salam

Abstrak


ABSTRAK

Salam, Badrus. 2014.Pengembangan Model Latihan Pukulan Smash Forehand untuk Peserta Ekstrakurikuler Tenis Meja di SDN Ngadimulyo I Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mu’arifin, M.Pd. (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

Kata Kunci: pengembangan, model-model latihan, smash forehand, tenis meja

Pukulan smash forehand merupakan salah satu teknik dasar dalam tenis meja. Dalam pelaksanaan ekstrakurikuler tenis meja di SDN Ngadimulyo I Kabupaten Pasuruan, pukulan smash forehand merupakan salah satu materi yang diberikan oleh pelatih. Berdasarkananalisis kebutuhan (need assessment) yang dilakukan pada tanggal 28-30 Oktober 2013 melalui observasi dan penyebaran angketterhadap 1 orang pelatih diperoleh hasil materi yang paling sulit dikuasai oleh siswa adalah pukulan smash forehand dan respon siswa kurang senang terhadap materi pelatihan pukulan smash forehand. Kemudianpenyebaran angket terhadap 40 peserta ekstrakurikuler tenis meja diperoleh hasil 2 siswa menjawab tidak menarik dan 28 siswa menjawab kurang menarik untuk materi pukulan smash forehand.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan model latihan pukulan smash forehand untuk peserta ekstrakurikuler tenis meja di SDN Ngadimulyo I Kabupaten Pasuruan agar lebih bervariasi.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), langkah-langkah tersebut adalah: (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk, (6) uji coba kelompok besar, (7) revisi produk berdasarkan uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase.
Produk pengembangan yang dihasilkan adalah buku panduan model latihan pukulan smash forehandyang terdiri dari model latihan shadow, footwork, kombinasi shadow dan footwork, latihan sendiri, dan multiball. Model latihan yang dikembangkan merujuk pada metode latihan tenis meja yang sudah ada, akan tetapi menambah variasi-variasi arah umpan, panjang dan pendek umpan, dan arah pukulan yang ditetapkan. Produk pengembangan ini melalui beberapa tahap yaitu justifikasi ahli dan uji coba kelompok. Dari beberapa tahap tersebut, buku panduan model latihan smash forehand dapat disimpulkan bahwa diperoleh hasil 87,12% dari ahli tenis meja, diperoleh hasil89,29% dari ahli kepelatihan tenis meja, diperoleh hasil76,67% dari ahli media, diperoleh hasil81,08% dari uji coba kelompok kecil, dan diperoleh hasil85,97% dari uji coba kelompok besar sehingga produk pengembangan layak untuk digunakan.Hasil pengembangan ini hanya sampai tersusun sebuah produk, belum sampai pada tingkat efektivitas produk yang dikembangkan jadi sebaiknya dilanjutkanpada penelitian mengenai efektivitas produk yang dikembangkan