SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Lompat Tinggi Gaya StreddleDalam Bentuk Model-Model Permainan Untuk Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Malang

windi virgo angenani

Abstrak


ABSTRAK

 

Angenani, W. V. 2014. Pengembangan Pembelajaran Lompat Tinggi Gaya StreddleDalam Bentuk Model-Model Permainan Untuk Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Malang.Skripsi, JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan, FakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. Agus Tomi, M.Pd (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

Kata Kunci: Pengembangan, pembelajaran, lompattinggi, dalam bentuk model permainan.

Penelitianawaldilakukanpada1 orang guru pendidikanjasmani, olahragadankesehatandan 38siswakelasVIII SMPNegeri8Malang.Padapenelitianawalmelaluiwawancaradanpenyebaranangketanalisiskebutuhan (need assessment) dapatdisimpulkanbahwa pembelajaran lompat tinggi yang dilakukan oleh guru olahraga kelas VIII SMP Negeri 8 Malang langsung mengarah kepada gerak dasar inti lompat tinggi. Tidak memberikan permainan yang mengarah kepada pembelajaran lompat tinggi. Jadi siswa kurang tertarik dan kesulitan dalam melakukan pembelajaran lompat tinggi.Hasil dari pengisian angket diketahui bahwa pada pembelajaran lompat tinggi yang telah diajarkan oleh guru, sebesar 60% dari 23 siswa menyatakan kesulitan dalam melakukan lompat tinggi, sebesar 73% dari 28 siswa menyatakan memerlukan permainan dalam pembelajaran lompat tinggi, dan sebesar 60% dari 23 siswa menyatakan guru tidak memberikan permainan dalam pembelajaran lompat tinggi.

Penelitianinibertujuanuntukmengembangkan model permainandalampembelajaranlompattinggi.Diharapkan, hasilpengembanganinibisamembantu guru maupunsiswadalam proses pembelajaranlompattinggi, sehinggapembelajaranlompattinggimenjadi optimal. Dalampenelitianpengembanganiniteknikanalisis data yang digunakanadalahteknikanalisisdeskriptifdenganpersentase.Teknikinidigunakanuntukmenganalisis data yang diperolehdaripenyebaranangketdanwawancara.

Produkawaltelahdijustifikasiolehahlipembelajaranatletik,ahlipembelajaranpendidikanjasmanidanahli permainan yang hasilakhirnyamenunjukkanbahwa “Pengembangan Pembelajaran Lompat Tinggi Gaya Streddle Dalam Bentuk Model-model Permainan Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Malang” layakdigunakanuntukdiujicobakelompok. Dari hasilujicobakelompokkecildenganmenggunakan8siswadiperolehpersentase 86,90%danpadaujicobakelompokbesardenganmenggunakan 30siswadiperolehpersentase83,88% makaprodukpengembanganpembelajaran lompat tinggi gaya streddle dalam bentuk model-model permainan untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Malang dapatdigunakan.

Hasil penelitian ini diharapkan bisa membantu proses pembelajaran lompat tinggi menjadi menarik dan meningkatkankualitaspembelajaranserta kemampuan teknik lompat tinggisiswa SMP Negeri 8Malang.