SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Lompat Jangkit Dengan Menggunakan Variasi Permainan Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Malang.

Festy Andriane Retika

Abstrak


ABSTRAK

 

Festy, Andriane. R. 2014. Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Lompat Jangkit Dengan Menggunakan Variasi Permainan Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Asim, M. Pd, (II) Drs. Agus Tomi, M.Pd.

Kata Kunci: Pengembangan,pembelajaran,lompat jangkit, variasi permainan.

Penelitian awal dilakukan pada 1 guru dikjas dan 41 siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang melalui wawancara dan penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) dapat disimpulkan bahwa pembelajaranlompat jangkit yang dilakukan oleh gurulangsung mengarah ke gerak dasar inti lompat jangkitdan belum pernah memberikan pembelajaran lompat jangkit dengan menggunakan variasi permainan. Hasil dari pengisian angket diketahui bahwa sebesar 32 atau 72,6% siswa belum pernah diberikan variasi permainan dalam pembelajaran lompat jangkit, sebesar 34 atau 78% siswa kesulitan melakukan irama lompat jangkit, sebesar 37 atau 89,3% siswa perlu menggunakan variasi permainan dalam pembelajaran lompat jangkit.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan variasi permainan dalam pembelajaran lompat jangkit dengan berupa buku panduan. Diharapkan, hasil pengembangan ini bisa membantu guru maupun siswa dalam proses pembelajaran lompat jangkit, sehingga pembelajaran lompat jangkit menjadi lebih optimal.

Produk awal telah dijustifikasi oleh ahli atletik, ahli pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan, dan ahli permainan yang hasil akhirnya menunjukkan bahwa “Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Lompat Jangkit Dengan Menggunakan Variasi Permainan Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Malang” layak digunakan untuk diuji coba kelompok. Dari hasil uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 8 siswa diperoleh persentase 100%  pemilihan permainan untuk latihan awalan menggunakan permainan memindahkan ban, untuk latihan tumpuan mengunakan permainan irama hopstep, untuk latihan mendarat menggunakan permainan lompat katak dan lompat jangkit dalam permainan menggunakan permainan gerak lompat jangkit dengan pendaratan yang ditentukan dan pada uji coba kelompok besar dengan menggunakan 33 siswa diperoleh persentase 100% pemilihan permainan untuk latihan awalan menggunakan permainan memindahkan ban, untuk latihan tumpuan mengunakan permainan irama hopstep, untuk latihan mendarat menggunakan permainan lompat katak dan lompat jangkit dalam permainan menggunakan permainan gerak lompat jangkit dengan pendaratan yang ditentukan maka produk pengembangan pembelajaran lompat jangkit dengan menggunakan variasi permainan untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Malang dapat digunakan.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bisa membantu proses pembelajaran lompat jangkit menjadi menarik dan meningkatkan kualitas pembelajaranserta kemampuan teknik lompat jangkitsiswa SMP Negeri 8 Malang.