SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Permainan Gerak Dasar Lempar Untuk Siswa Kelas V SDN Tawangargo 4 Karangploso Kabupaten Malang

Syaiful Hasan

Abstrak


                                          ABSTRAK

Hasan, Syaiful. 2014. Pengembangan Model Permainan Gerak Dasar Lempar Untuk Siswa Kelas V SDN Tawangargo 4 Karangploso Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M. E. Winarno, M.Pd, (II) Drs. Agus Tomi, M.Pd.

Kata Kunci: Model Permainan, Gerak Dasar Lempar, Kelas V, SDN Tawangargo 4.

Pendidikan jasmani merupakan bagian dari pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, dan tindakan moral. Pembekalan pendidikan jasmani di sekolah dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik. Materi pendidikan jasmani dijabarkan melalui pembelajaran gerak dasar olahraga, sementara materi kesehatan dijabarkan melalui uraian singkat mengenai pentingnya melakukan pola hidup sehat.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan model permainan gerak dasar lempar untuk siswa kelas V SDN Tawangargo 4 Karangploso Kabupaten Malang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan dari Borg and Gall, dengan langkah-langkah antara lain: (1) analisis  kebutuhan, (2) persiapan, (3) tijauan ahli, (4) revisi produk I, (5) uji coba kelompok kecil, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk II. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif untuk memperoleh data dari guru pendidikan jasmani dan evaluasi ahli, dan analisis data kuantitatif untuk memperoleh data dari evaluasi ahli pembelajaran, evaluasi ahli atletik, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. 
Hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 6 siswa diperoleh angka 87,29%, dan analisis data uji coba kelompok besar terhadap 20 siswa diperoleh 90,56%. Hasil persentase tersebut menunjukkan bahwa pengembangan model permainan gerak dasar lempar untuk siswa kelas V SDN Tawangargo 4 Karangploso Kabupaten Malang layak untuk digunakan yang dikemas dalam buku panduan.
Model permainan gerak dasar lempar diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan keaktivan siswa kelas V SDN Tawangargo 4 Karangploso Kabupaten Malang dalam mempraktikkan berbagai variasi pembelajaran pendidikan jasmani terutama gerak dasar lempar.