SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbaikan PembelajaranAktivitasKekuatanAnggotaBadanBagianAtasdenganMenggunakanAlatdalamBentukGameSiswaKelas V SDN Dengkol 03 Singosari-Malang.

Bayu adhi asmara

Abstrak


ABSTRAK

Asmara, BayuAdhi. 2011. Perbaikan PembelajaranAktivitasKekuatanAnggotaBadanBagianAtasdenganMenggunakanAlatdalamBentukGameSiswaKelas V SDN Dengkol 03 Singosari-Malang. Skripsi, JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan FIK UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. HeruWidijoto, M.S. (II) Drs. I NengahSudjana, M. Pd.

Kata Kunci: Kekuatan, Alat, Game

            Pembelajaranmerupakansuatu proses penyampaiansuatuinformasidaripendidik (guru) kepadapesertadidik (siswa) yang berlangsung  disekolah. Salah satupembelajaranyang  dilaksanakan di sekolahadalahpembelajaranpendidikanjasmaniolaharagadankesehatan.

            BerdasarkanhasilobservasipelaksanaanpembelajaranPendidikanJasmani, OlahragadanKesehatanpadasiswakelas V SDN Dengkol 03 diperolehhasilbahwa  : (1) siswamelakukanPush-Upsebanyak 5x gerakandengan 3 kali repetisi (pengulangan), danmelakukangerobakdorongsejauh 4 meter dengan 3 kali repetisi (pengulangan), (2) siswaberlarilurussejauh 15 meter dengan 3 kali repetisi (pengulangan), (3) 27 siswakurangaktifsaatmelakukanaktivitaspengembangankekuatan, (4) waktupembelajaranseharusnyaberakhirpadapukul 08.10 akantetapipadapukul 07.36 kegiatansudahberakhir, sehinggasisawaktupembelajaran (34 menit) tidakdimanfaatkanuntukaktivitaspembelajaran.

            TujuanpenelitianiniadalahmemperbaikipembelajaranaktivitaskekuatananggotabadanbagianatasdenganmenggunakanBoladengan model Gamesiswakelas V SDN Dengkol 03 Singosari-Malang.

Penelitianinimenggunakan model penelitiandariKemmis and Mc.Taggart yang setiapsiklusterdiridariPerencanaan, Tindakan, Pengamatan, danRefleksi. Apabilapadasikluspertamabelummencapaiindikator yang diharapkanmakadilanjutkandengansikluskeduayaituperbaikanrencana ,tindakan, pengamatandanrefleksi

Dari hasilpembelajaranaktivitaskekuatananggotabadanbagianatasdiperoleh temuan penelitian : (1)Perkembangan proses pembelajaranruanglingkupaktivitaspengembangandengankompetensidasar “kekuatanotot-ototanggotabadanbagianatas” padasiswakelas Vdenganmodel game  pada tahap siklus II membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan., (2) perkembangan proses pembelajaranruanglingkupaktivitaspengembangandengankompetensidasar “kekuatanotot-ototanggotabadanbagianatas” padasiswakelas V  dengan menggunakan alat pembelajaran pada  tahap siklus II lebih membuat siswa lebih aktif beraktivitas, (3) perkembangan proses pembelajaranruanglingkupaktivitaspengembangandengankompetensidasar “kekuatanotot-ototanggotabadanbagianatas” padasiswakelas V dengan menggunakan alat pembelajaran mudah dan aman digunakan oleh siswa, (4) perkembangan proses pembelajaranruanglingkupaktivitaspengembangandengankompetensidasar “kekuatanotot-ototanggotabadanbagianatas” padasiswakelas V terlihat dari penguasaan keterampilan siswa yang pantau dari penilaian yang dilakukan selama proses siklus II, (5) perkembangan proses pembelajaranruanglingkupaktivitaspengembangandengankompetensidasar “kekuatanotot-ototanggotabadanbagianatas” padasiswakelas V terlihat dari perubahan guru yang dipantau dari penilaian kenerja guru.

Berdasarkanhasilpenelitian, dapatdisimpulkan bahwa (1) penggunaan alat pembelajaran yang aman digunakan dapat membantu memperbaiki proses pembelajaran siswa dalam melakukan aktivitaspengembangankekuatanotot-ototanggotabadanbagianatas, (2) penerapan model game dapat membantu memperbaiki tingkat keaktifan siswa dalam melakukan aktivitaspengembangankekuatanotot-ototanggotabadan bagian atas.