SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Variasi Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Malang

Ulisanto .

Abstrak


ABSTRAK

 

Ulisanto. 2013. Pengembangan Variasi Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. E. Winarno, M.Pd, (2) Drs. Agus Tomi, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, pembelajaran, passing bawah bolavoli

 

Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 5 Malang khususnya materi passing bawah kurang maksimal dalam pelaksanaannya. Hal ini disebabkan oleh, minat siswa yang kurang dalam menerima materi passing bawah bolavoli yang diberikan oleh gurunya. Pada penelitian awal peneliti melakukan wawancara dengan guru pendidikan jasmani SMP Negeri 5 Malang. Beliau menyampaikan bahwa siswa kurang berminat dalam menerima dan mempraktikkan materi passing bawah bolavoli, mulai dari pemanasan, inti bahkan saat evaluasi. Selanjutnya, peneliti melakukan analisis kebutuhan dalam bentuk angket kepada 30 siswa kelas VIII.9 yang telah diberikan pada hari Senin, 21 Januari 2013. Dari hasil analisis kebutuhan terhadap siswa kelas VIII.9 SMP Negeri 5 Malang menyatakan setuju apabila diberikan pengembangan model pembelajaran passing bawah bolavoli.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan variasi pembelajaran passing bawah bolavoli, dengan harapan dapat meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa dalam mempraktikkan berbagai variasi dan kombinasi materi passing bawah bolavoli.

Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 5 Malang ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg dan Gall yang memiliki tahapan sebagai berikut: (1) penelitian awal (analisis kebutuhan) terhadap 30 siswa kelas VIII.9  SMP Negeri 5 Malang, (2) perencanaan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) merevisi hasil uji coba produk awal, (5) uji coba kelompok kecil menggunakan 10 siswa, (6) uji coba kelompok besar menggunakan 30 siswa, (7) merevisi hasil uji coba kelompok besar berdasarkan hasil evaluasi ahli sekaligus menyempurnakan produk.

Dari hasil analisis validasi ahli pembelajaran diperoleh hasil 77,68% dan ahli bolavoli diperoleh hasil 71,43% maka produk pengembangan layak digunakan sebagai media pembelaaran pada kegiatan pembelajaran bola voli di SMP Negeri 5 Malang. Dari hasil uji coba kelompok (kelompok kecil) diperoleh persentase sebesar 81,13% dan pada uji lapangan (kelompok besar) diperoleh persentase sebesar 76,42% sehingga produk pengembangan dapat digunakan.

Produk yang dikembangkan adalah variasi pembelajaran passing bawah bolavoli, dalam bentuk buku panduan yang berisi 4 vareasi pembelajaran passing bawah bolavoli. Dengan adanya pengembangan vareasi pembelajaran passing bawah bolavoli ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa dalam mempraktikkan materi passing bawah bolavoli.