SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani dalam Bentuk Multimedia Interaktif Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan

Mohamad Angga Suwito

Abstrak


ABSTRAK

 

Suwito, Mohamad Angga. 2014. Pengembangan Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani dalam Bentuk Multimedia Interaktif Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Dr. Eko Hariyanto, M.Pd,(2)Drs. Lokananta Teguh Hari Wiguno, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan,Multimedia Interaktif,Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran yang tercantum dalam isi kurikulum pendidikan. Dalam kurikulum 2013 sangat jelas bahwa materi aktivitas kebugaran jasmani selalu dicantumkan disetiap semesternya,Aktivitas kebugaran jasmani itu sendiri juga menjadi kegiatan pokok yang harus dilaksanakan oleh setiap individu dalam kegiatan sehari-hari. Dengan berkembangnya iptek, proses pembelajaran diperkaya dengan bermacam-macam sumber dan media pembelajaran.Media pembelajaran yang diperlukan siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yaitu media pembelajaran yang praktis, serta dapat mempermudah cara pemahaman siswa terhadap isinya, dalam hal ini Multimedia Interaktifadalah media pembelajaran yang paling cocok dipergunakan.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pembelajaran aktivitas kebugaran dalam bentuk multimedia interaktif yang bermanfaat, menarik, efisien dan efektif bagi siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan yang mempunyai karakteristik sama dengan subjek penelitian, sehingga multimedia interaktif tersebut dapat digunakan sebagai sumber belajar yang dapat membantu proses pembelajaran.

Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall untuk pengembangan pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani dalam bentuk multimedia interaktifsebagai berikut: 1) Riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan menyebarkan kuesionerkepada38siswakelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dan 2 guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan,(2) Perencanaan pengembangan produk, (3) Pengembangan rancangan produk, (4) Persiapan uji coba kelompok kecil, menggunakan 10 subjek, (5) Revisi produk pertama berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, (6) Uji coba lapangan (kelompok besar) menggunakan 30subjek, (7) Revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar.

Pada analisis kebutuhan kepada siswa dan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Bahwa (100%) siswa menyatakan materi aktivitas kebugaran jasmani selalu diberikan di setiap semesternya, dari pernyataan apakah siswa menyenangi pengajaran guru materi kebugaran jasmani, (73,68%) menjawab tidak senang, lalu(100%) siswa menyatakan belum pernah mendapatkan pembelajara dalam bentuk multimedia interaktif. Hasil pemberian instrument dari guru didapati kesimpulan sebagai berikut, Mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk kelas XI semester ganjil memiliki alokasi waktu pertemuan efektif sebanyak 16 kali. Dalam 16 kali pertemuan tersebut, dibagi menjadi 12 kali pertemuan kegiatan di luar kelas dan 3-4 kali pertemuan teori di dalam kelas. Kemudian dari pernyataaan persetujuan pengembangan media pembelajaran (sumber belajar) multimedia interaktif,  99% siswa menjawab setuju dan 2 guru juga sangat setuju. Berdasarkan masalah yang ada, maka peneliti ingin mengembangkan multimedia interaktifyang dapat memuat materi aktivitas kebugaran jasmani yang menarik, efisien dan mudah dimengerti oleh siswa

Dari hasil analisis validasi ahli media pembelajaran hasil 75,8%, ahli pembelajaran81,6% dan ahli kebugaran jasmani83,5% maka produk pengembangan pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani dalam bentuk multimedia interaktif diuji cobakan  sebagai media pembelajaran pada kegiatan pembelajarankelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Dari hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata 90% dan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase rata-rata 87,3% sehinggadapat disimpulkan bahwamultimedia interaktifpembelajaran aktivitas kebugaran jasmani untuk kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjensangat jelas dan menarik untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar.

Hasil pengembangan ini berupa Multimedia Interaktifdengan formatexe dengan Adobe Flash CS3 Profesional. Hasil pengembangannya yaitu: (1) multimedia interaktifdengan format exe dengan Adobe Flash CS3 Profesional, (2) multimedia interaktif ini berisi sub-menu tentang kompetensi dalam kurikulum mengenai materi aktivitas kebugaran jasmani, kemudian penjelasan mengenai definisi kebugaran jasmani, aspek dalam kebugaran jasmani,dan faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani, dilanjutkan sub-menu ketiga tentang bentuk tes kebugaran jasmani beserta penjelasannya, untuk sub-menu keempat adalah bentuk latihan sirkuit dan variasi-variasi latihan sirkuit sederhana, pada sub-menu kelima berisikan perawatan tubuh tetap sehat dengan berolahraga kesehatan dan yang terakhir sub-menu quis yang berisikan soal-soal isi multimedia interaktifdari sub-menu kedua sampai keempat (3) multimedia interaktif yang berisikan materi aktivitas kebugaran jasmani yang ditampilkan besertakan gambar, animasi, dan video sehingga diharapkan membantu siswa dalam pemahaman materi, (4) multimedia interaktifini merupakan media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk DVD (digital versatile disc) yang memiliki autorun/autoplay.

Dalam penyebarluasan produk pengembangan kesasaran yang lebih luas, peneliti memberi saran yaitu bahwa sebelum disebarluaskan sebaiknya produk ini dievaluasi kembali dan disesuaikan dengan kondisi sasaran yang ingin dituju baik isi maupun tampilannya. Sehingga pengembangan pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani menggunakan “multimedia interaktif”ini lebih menarik,efisien, afektif dan bermanfaat khususnya bagi kalangan guru mata pelajaran pendidikan jasmani.