SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Materi Pencak Silat

Sofi atul istiqomah

Abstrak


ABSTRAK

 

Istiqomah, Sofiatul. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Materi Pencak  Silat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo, M.Pd, (2) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd

 

Kata kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Pencak Silat

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti di SMPN 4 Blitar terhadap guru olahraga dan 25 siswa diperoleh data bahwa 19 siswa (76%) mengatakan belum menguasai materi yang disampaikan guru dan 6 siswa (24%) menjawab sudah memahami materi yang disampaikan 18 siswa (72%) memilih ebook/software komputer sebagai media pembelajarann. Kemudian guru dan siswa sangat setuju dibuatkan multimedia interaktif materi pencak silat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran materi pencak silat SMP kelas VII melalui multimedia interaktif sebagai referensi dan media pembelajaran guru dalam menyampaikan materi pencak silat serta mempermudah belajar siswa tentang materi pencak silat.

Model metode pengembangan yang di gunakan peneliti adalah pengembangan Borg dan Gall yang di adaptasi menurut Ardhana menjadi lebih sederhana yaitu : (1) pengumpulan informasi, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi 1, (5) uji coba tahap I, (6) revisi IIdan uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner.

Hasil produk pengembangan berupa multimedia interaktif pembelajaran  materi pencak silat yang dikemas dalam bentuk CD (compat disk) dan buku petunjuk penggunaan.Berdasarkan tinjauan dari 1 (satu) ahli media diperoleh persentase 100%, sedangkan tinjuan ahli pembelajaran pencak silat diperoleh persentase 100%. Dari hasil uji coba tahap I (kelompok kecil) dengen jumlah 9 siswa kelas VII SMPN 4 Blitar diperoleh persentase rata-rata 87,75% sedangkan hasil uji coba kelompok besar dari 45 siswa kelas VII SMPN 4 Blitar diperoleh persentase rata-rata 86, 87%.

Berdasarkan hal diatas dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif pembelajaran materi pencak silat ini layak digunakan sebagai sumber belajar bagi guru atau siswa SMPN 4 Blitar.