SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Menggunakan Variasi Model Permainan Pada Taman Kanak-Kanak Siwi Pertiwi Kecamatan Sukun Kota Malang

Reno Surya Ariadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Keterampilan motorik kasar harus dimiliki oleh anak usia dini, khususnya pada anak usia taman kanak-kanak (4 - 6) tahun. Kegiatan pembelajaran yang mencakup bidang pengembangan Fisik Motorik pada Kurikulum taman kanak-kanak senilai 20% dirasa belum tercapai sepenuhnya di taman kanak-kanak Siwi Pertiwi Kecamatan Sukun Kota Malang, hal ini didapat melalui wawancara, kajian Rencana Kegiatan Harian (RKH) awal dan observasi pembelajaran awal. Dengan dasar belum tercapainya 20% bidang pengembangan Fisik Motorik, penulis merasa tergugah untuk membuat beberapa permainan yang di anggap mampu meningkatkan keterampilan motorik kasar peserta didik khususnya gerak dasar berlari, meloncat dan melempar.

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan motorik kasar peserta didik yang belum sepenuhnya diberikan pada RKH awal dan akan tersaji pada RKH baru dengan menggunakan variasi model permainan sebagai obat yang digunakan dan disesuaikan dengan karakteristik serta tingkat kesulitannya. Variasi model permainan diberikan pada proses pembelajaran oleh guru dan di amati oleh penulis beserta guru dengan menggunakan rubrik penilaian observasi permainan.

Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas (classroom action research) adalah Deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan rumus prosentase dan analisis rata-rata. Data yang didapatkan melalui hasil tindakan yang tercantum dalam rubrik penilaian observasi permainan dari kedua observer diubah dengan rumus prosentase dan hasil dari prosentase dianalisis rata-ratanya guna mengetahui peningkatan keterampilan motorik kasar peserta didik di TK tersebut secara objektif.

Berdasarkan hasil penelitian yang dapat di lihat pada bab V, maka penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada Taman Kanak-Kanak Siwi Pertiwi mampu meningkatkan keterampilan motorik kasar khususnya pada gerak dasar berlari, meloncat dan melempar. Peningkatan keterampilan tersebut dapat dilihat dari siklus ke siklus dengan perbandingan prosentase yang telah dianalisis rata-ratanya mulai dari siklus 1 pertemuan 1 sampai dengan siklus 2 pertemuan 2.